Milisi Houthi Membatasi Akses Media Sosial di Yaman

877

Moslemtoday.com : Pengguna media sosial di Yaman telah mengkonfirmasi bahwa jaringan internet dan layanannya, khususnya Facebook, Twitter, Telegram dan Whatsapp tidak tersedia, dan satu-satunya cara untuk mengaksesnya adalah melalui VPN yang digunakan untuk meretas dan menghapus pemblokiran.

Situs yang mendukung dan dibuat oleh mantan anggota Partai Rakyat Jenderal Ali Abdullah Saleh, yang terkenal dengan “almotamar.net” dan “almethaq.net”, juga telah diblokir oleh Houthi dan tidak dapat diakses dari wilayah Yaman tanpa proxy.

Houthi juga melakukan pemblokiran situs “khabaragency.net” yang mendukung Saleh dan partainya. Situs itu terkenal dalam melaporkan berita terbaru tentang pergerakan dan kekuatan yang setia kepada Saleh.

Houthi juga membatasi penggunaan akses internet dan provider apapun untuk menyensor dan mengendalikan konten yang keluar dari Yaman. Pembatasan ini dilakukan setelah Houthi berhasil membunuh mantan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh senin kemarin.

Pemberontak Houthi mengkudeta Yaman pada 2015 dan menguasai ibukota Sanaa sampai saat ini. Houthi membentuk sebuah dewan nasional menggantikan anggota parlemen Yaman. Pemberontakan Houthi didukung penuh oleh Iran. Sampai sekarang perang masih berkecamuk di Yaman antara pasukan koalisi Arab melawan pemberontakan Houthi. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here