Milisi Syi’ah Houthi Eksekusi Tentara Pendukung Mantan Presiden Yaman

1701
Tribesmen loyal to Houthi rebels (AP Photo/Hani Mohammed)

Moslemtoday.com : Komandan Batalyon militer tentara Yaman Brigadir Ahmed Al Aqili mengungkapkan bahwa milisi Syi’ah Houthi melalukan eksekusi dan mengusir sekutunya tentara pendukung mantan presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh di wilayah Bayhan dan Usaykan, provinsi Shabwa di Yaman timur.

“Anggota milisi pro Ali Abdullah Saleh dieksekusi oleh sekutu Houthi mereka,” seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (10/8/2017).

Brigadir Ahmed Al Aqili mengatakan bahwa perbedaan tajam terjadi antara komandan Houthi dan personil militer pro Saleh di front Bayhan. Ketidaksepakatan tersebut menyebabkan perpecahan di dalam barisan mereka yang disebut Garda Republik.

Aqili menegaskan bahwa milisi Houthi telah menyingkirkan empat loyalis Saleh di distrik Bayhan selama dua bulan terakhir. Dia mengatakan bahwa ketidaksepakatan yang berpusat pada petugas pro Saleh menolak mematuhi perintah yang diberikan oleh komandan Houthi.

Aqili mengatakan bahwa milisi Houthi menderita kerugian besar di Bayhan selama operasi gabungan baru-baru oleh pasukan koalisi Yaman. Pasukan Yaman telah mengintensifkan operasi mereka untuk membebaskan Usaylan dan Bayhan yang merupakan markas milisi terakhir Houthi di provinsi timur Shabwa dengan dukungan dari pasukan koalisi Arab. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here