Militan Suriah yang didukung AS meluncurkan ‘pertempuran terakhir’ melawan ISIS

173
Pejuang Pasukan Demokrat Suriah mengendarai truk ketika konvoi mereka lewat di Ain Issa, Suriah 16 Oktober 2017. REUTERS / Erik De Castro / File Foto

Moslemtoday.com : Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS memulai serangan terhadap wilayah terakhir ISIS di Suriah timur pada hari Sabtu, yang bertujuan untuk menghapus sisa terakhir dari “kekhalifahan” kelompok jihadis di wilayah SDF. Seperti dilansir dari Reuters, Minggu, (10/2/2019).

Presiden Donald Trump, yang berencana untuk menarik pasukan AS keluar dari Suriah, mengatakan pada hari Rabu ia mengharapkan pengumuman paling cepat minggu depan bahwa koalisi pimpinan AS yang beroperasi dalam mendukung SDF telah merebut kembali semua wilayah yang sebelumnya dipegang oleh kelompok jihadis.

Daerah yang dikuasai dekat dengan perbatasan Irak dan terdiri dari dua desa, meskipun ISIS juga masih memiliki wilayah di bagian Suriah yang sebagian besar di bawah kendali pemerintah Suriah yang didukung Rusia dan Iran.

Pejabat SDF, Mustafa Bali, berbicara kepada Reuters, menggambarkan serangan itu sebagai “pertempuran terakhir”. Dia kemudian menulis di Twitter bahwa serangan itu telah dimulai dan wilayah yang dikuasai itu akan “segera dihapus”.

SDF telah menangani 10 hari terakhir “dengan sabar” karena lebih dari 20.000 warga sipil dievakuasi dari kantong IS yang dikepung, kata Bali.

Pejabat senior SDF, Redur Xelil mengatakan kepada Reuters bahwa pasukan berharap untuk menguasai daerah itu pada akhir Februari, tetapi memperingatkan bahwa ISIS akan terus menimbulkan ancaman keamanan “besar dan serius” bahkan setelah itu.

ISIS menggambar ulang peta Timur Tengah pada tahun 2014 ketika negara itu mengumumkan kekhalifahan di wilayah besar Suriah dan Irak. Namun kelompok itu terus kehilangan pijakan dan dua wilayah utamanya – kota Suriah Raqqa dan Mosul Irak – jatuh pada tahun 2017.

Sumber : Reuters | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here