Militer China Berikan Pelatihan Medis untuk Militer Suriah

857

Moslemtoday.com : Departemen Pertahanan Cina, Kamis (25/08), mengumumkan negaranya memberi pelatihan medis kepada Suriah setelah kunjungan pejabat militer senior Cina ke Suriah pekan lalu.

Direktur Biro Kerja Sama Militer Cina, Guan Yu, pekan lalu bertemu dengan Menteri Pertahanan Suriah Jassem Al-Freij di Damaskus. Mereka membicarakan soal pelatihan personil militer.

Juru bicara Dephan Cina, Wu Qian, mengatakan dalam konferensi pers baru-baru ini, menandai peringatan tahun keenam hubungan deplomatik Cina-Suriah, kami masih memiliki hubungan baik yang cukup lama. Cina telah lama memainkan peran aktif dalam mencari solusi politik untuk masalah Suriah.

Dia menambahkan, berdasarkan persetujuan bersama dengan Pemerintah Suriah, militer Cina menawarkan bantuan pelatihan dan peralatan medis, obat-obatan dan bantuan kemanusiaan lainnya bagi Suriah untuk meringankan krisis kemanusiaan di negara tersebut.

Seperti diketahui, Cina memiliki hubungan baik dengan rezim Suriah sejak lama. Selain kerja sama perdangan, Cina juga mengelola sejumlah sumber minyak di negara yang dilanda konflik itu. Namun, produksi minyak Cina di Suriah berhenti seiring konflik yang tak kunjung usai.

Kendati sampai saat ini Cina belum terlibat militer di Suriah, namun April lalu negara berideologi komunis itu memuji operasi militer Rusia untuk membantu Bashar Assad. Sejumlah pihak menduga, Cina enggan menerjunkan militer ke Suriah karena takut keamanan dalam negerinya terganggu.

Sumber : REUTERS

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here