Minta Maaf, Abdul Aziz Menyatakan Akan Merevisi Disertasinya dan Merubah Judul

636

Moslemtoday.com : Disertasi Abdul Aziz, mahasiswa Doktoral UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berjudul “Konsep Milk Al-Yamin Muhammad Syahrur sebagai Keabsahan Hubungan Seksual Nonmarital” menuai kontroversi dan mendapatkan kecaman dari Majelis Ulama Indonesia.

MUI menyatakan hasil penelitian Sdr. Abdul Aziz tersebut bertentangan dengan Al-Quran, As-Sunnah dan Ijma’ Ulama dan termasuk ke dalam pemikiran yang menyimpang dan harus ditolak karena dapat menimbulkan kerusakan moral/akhlak umat dan bangsa.

Menanggapi kontroversi tersebut, Abdul Aziz menyatakan akan merevisi termasuk merubah judul disertasinya tersebut. “Mempertimbangkan kontroversi terkait disertasi yang saya tulis yang berjudul : Konsep Milk Al-Yamin Muhammad Syahrur sebagai Keabsahan Hubungan Seksual non-Marital, maka saya menyatakan akan merevisi disertasi tersebut berdasarkan atas kritik dan masukan dari para promotor dan penguji pada ujian terbuka,” kata Abdul Aziz dalam surat pernyataannya tertanggal 3 September 2019.

“Termasuk mengubah judul menjadi : Problematika Konsep Milk Al-Yamin dalam Pemikiran Muhammad Syahrur, dan menghilangkan beberapa bagian kontroversial dalam disertasi saya,” ungkap Abdul Aziz.

“Saya juga mohon maaf kepada umat Islam atas kontroversi yang muncul karena disertasi saya ini. Saya juga menyampaikan terima kasih atas saran, respon, dan kritik terhadap disertasi ini, dan terhadap keadaan yang diakibatkan oleh kehadirannya dan diskusi yang menyertainya,” tulis Abdul Aziz.

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here