MSF : 6.700 Muslim Rohingya Telah Tewas Selama Bulan Pertama Genosida Myanmar

630

Moslemtoday.com : Sebanyak 6.700 Muslim Rohingya telah tewas selama bulan pertama aksi genosida tentara Myanmar di negara bagian Rakhine yang dimulai pada akhir Agustus lalu, ungkap Dokter Lintas Batas (Medecins Sans Frontier/MSF), pada hari Kamis (14/12/17).

Angka tersebut merupakan perkiraan korban tewas tertinggi yang diperkirakan telah meletus pada 25 Agustus dan memicu sebuah krisis pengungsi besar-besaran, dengan lebih dari 620.000 orang Rohingya telah melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh dalam tiga bulan.

PBB telah menggambarkan operasi militer Myanmar tersebut sebagai genosida pembersihan etnis minoritas Muslim.

“Setidaknya 6.700 etnis Muslim Rohingya, dalam perkiraan paling konservatif diperkirakan telah tewas termasuk setidaknya sebesar 730 anak di bawah usia lima tahun,” ungkap MSF, seperti dilansir dari ChannelNewsAsia, Kamis, (14/12/17)

Temuan kelompok tersebut berasal dari enam survei terhadap lebih dari 2.434 rumah tangga di kamp pengungsi Rohingya selama periode satu bulan.

“Kami bertemu dan berbicara dengan korban kekerasan di Myanmar, yang sekarang berlindung di kamp-kamp yang padat dan tidak sehat lagi di Bangladesh,” kata direktur medis kelompok Sidney Wong.

“Apa yang kami temukan sangat mengerikan, baik dari segi jumlah orang yang melaporkan dan tindakan mengerikan yang mereka terima, keluarga mereka terbunuh dan terluka parah.”

Luka tembak adalah penyebab kematian pada 69 persen kasus tersebut, menurut survei tersebut. Sembilan persen lainnya dilaporkan terbakar hidup-hidup di dalam rumah, sementara lima persen meninggal akibat pemukulan fatal. Untuk anak balita, hampir 60 persen meninggal setelah ditembak, survei tersebut menemukan. (DH/MTD)

Sumber : Channel News Asia (CNA)
Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here