MTQ Nasional Ke-40 Padang Panjang Barat Resmi Dimulai

24

Padang Panjang, Humas_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. ALIZAR Datuak Sindo Nan Tongga menghadiri pembukaan Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-40 Tingkat Kecamatan Padang Panjang Barat di Masjid Jami’ Nurul Huda Silaing Bawah, Rabu (20/07/2022).

Hadir Wakil Walikota Padang Panjang Asrul, membuka kegiatan secara resmi, turut hadir Camat Padang Panjang Barat, Kepala KUA dan Lurah se Padang Panjang Barat, serta unsur Pimpinan Forkompinda dan undangan lainnya.

Kakankemenag Kota Padang Panjang H. ALIZAR Datuak Sindo Nan Tongga dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “selain sukses dalam perencanaan dan pelaksanaan sejak dini, tentu kita juga berharap sukses prestasi mulai dari tingkat terendah (Kecamatan) hingga tingkat Nasional, bahkan untuk Internasional,” ujarnya.

“MTQ bergaris lurus dengan lembaga pendidikan Al-Qur’an tempat melahirkan para peserta, maka tampilkanlah yang terbaik pada momentum ini,” ulasnya.

Sementara itu Wakil Walikota dalam sambutannya mengatakan, “Pemko Padang Panjang sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan ini, terlaksana untuk membina generasi muda harapan bangsa,” ujarnya.

“Melalui kegiatan ini kita aktualisasikan Adat Basandi Syara’Syara’Basandi Kitabullah (ABS-SBK) di Bumi Serambi Mekkah Kota Padang Panjang,” ulasnya.

Khusus untuk Dewan Hakim, Wawako berpesan, “agar kiranya memegang teguh amanah dan prinsip kejujuran. Laksanakan tugas sebaik-baiknya, tetap profesional, jaga akuntabilitas dan bersikap bijaksana,” pungkasnya.

Camat Padang Panjang Barat, Fiori Agustin selalu Ketua Panitia MTQ melaporkan, “Kegiatan dilaksanakan selama dua hari memperlombakan 8 Cabang dengan lokasi seputaran Padang Panjang Barat diikuti oleh 220 peserta,” jelasnya.

“Adapun untuk Cabang lomba beserta lokasinya, Cabang Tilawah TK dan Anak-Anak di Masjid Jami’Nurul Huda Silaing Bawah, Cabang Tilawah Remaja dan Dewasa di Masjid Nurul Iman Silaing Atas, Tartil Dasar Menengah dan Umum di Masjid Baiturrahman Bukit Surungan, Hifzil Qur’an (Tahfiz) 1 Juz dan 5 Juz Non Tilawah di Masjid Ashliyah Pasar Usang, Hifzil Qur’an (Tahfiz) 1 Juz dan 5 Juz Tilawah di Masjid Muttaqien Muhammadiyah,” ulasnya.

“Sedangkan untuk cabang lomba Khutbah Jum’at di Masjid Baitul Hikmah, Mushabaqah Fahmil Qur’an (MFQ)/CC di Hall Kantor Camat Padang Panjang Barat dan Mushabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) di Masjid Tauhid,” sambungnya.

Masyarakat Kota Dingin Padang Panjang antusias menyaksikan helatan ini sehingga penuhi lokasi MTQ. (Adi)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here