Mulai 7 September 2020, Malaysia Larang Masuk Warga Indonesia, India dan Filipina

441

Moslemtoday.com : Pemerintah Malaysia akan memberlakukan larangan masuk bagi warga Indonesia, India dan Filipina mulai 7 September 2020. Hal ini dilakukan karena kondisi Covid-19 semakin parah di negara tersebut.

“Aturan pembatasan ini berlaku kepada penduduk tetap, pemilik izin tinggal sekunder, ekspatriat, visa suami-istri dan mahasiswa asing. Aturan ini akan berlaku mulai 7 September 2020,” ungkap Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob, seperti dilansir dari FMT, Selasa, (1/9/2020).

Saat Malaysia akan melanjutkan pembatasan masuk bagi warga negara asing, Ismail lebih mengkhawatirkan kembalinya warga negara Malaysia dari luar negeri. “Tetapi yang lebih mengkhawatirkan adalah warga Malaysia yang kembali dari negara-negara tersebut. Kami tidak bisa melarang mereka kembali karena bertentangan dengan konstitusi. Saya juga yakin pihak imigrasi tidak bisa menolak warga negara sendiri untuk kembali,” ujar Ismail.

Namun, Ismail menjelaskan bahwa keputusan itu diambil atas saran dari Kementerian Kesehatan Malaysia. “Negara akan mengambil pendekatan menyeluruh untuk meminimalisasi resiko infeksi dari luar negeri melalui warga negara Malaysia yang kembali dari negara-negara tersebut,” tambah Ismail.

Sementara itu, Ismail juga menyatakan bahwa Perintah Pengendalian Pergerakan Terencana (Targeted Movement Control Order / TEMCO) di Amanjaya, Kedah akan berakhir pada 10 September 2020. (LBS/MTD)

Sumber : Free Malaysia Today
Kontributor : Luli Bangkit Sugito
Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here