Mulai Puasa Hari ini, 1 Ramadhan 1439 H Jatuh pada 16 Mei 2018 di Turki

625

Moslemtoday.com : Turki mulai melakukan puasa hari ini. Berdasarkan pengumuman yang dirilis Kantor Berita Turki, Anadolu Agency, 1 Ramadhan 1439 H di Turki jatuh pada 16 Mei 2018.

“Muslim di seluruh dunia berpuasa untuk jam yang berbeda. Puasa terpanjang berlangsung di ibukota Islandia Reykjavik dengan 19 jam dan 43 menit, diikuti oleh ibukota Finlandia Helsinki dengan 18 jam dan 47 menit, Stockholm, Oslo dan Kopenhagen dengan lebih dari 18 jam,” seperti dilansir dari Anadolu Agency, Rabu, (16/5/2018).

Dikutip dari Islamicity.org, Penetapan Awal Ramadhan di Turki menggunakan metode Hisab, yaitu : perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah.

Pada bulan ramadhan ini, Turki akan menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada jutaan orang yang membutuhkan di seluruh dunia. Lembaga-lembaga Turki, termasuk Bulan Sabit Merah, Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH), Organisasi Amal dan Solidaritas Cansuyu, Sadakatasi dan Iyilikder akan menyalurkan bantuan kemanusiaan tersebut.

“Kami akan mengirimkan bantuan yang dikumpulkan dari sukarelawan kepada 10 juta orang yang membutuhkan di 30 negara di seluruh dunia termasuk Turki,” kata kepala Bulan Sabit Merah, Kerem Kinik.

Dia menambahkan bahwa Bulan Sabit Merah akan fokus di Afrika pada bulan Ramadhan ini. Kerem Kinik menambahkan bahwa badan amal itu juga akan mendirikan sebuah tenda buka puasa di Masjid Al-Aqsha di Jerusalem selama sebulan penuh.

Wakil Perdana Menteri Hakan Cavusoglu pada Selasa mengatakan Turki akan menyalurkan bantuan kepada 100.000 warga Palestina di Jalur Gaza. “Kami akan memberi bantuan 100.000 saudara-saudara kita selama Ramadhan, dengan menyediakan makanan hangat untuk 1.000 keluarga setiap hari melalui TIKA [Badan Kerjasama dan Koordinasi Internasional Turki].”

“Sebanyak $ 1 juta dalam bantuan kemanusiaan akan dikirimkan selama bulan Ramadan melalui kantor TIKA di Ramallah,” tambah Cavusoglu. Dia mengatakan, total 100.000 warga Palestina akan mendapat manfaat dari bantuan Turki.

Sebagian besar dunia Islam menetapkan 1 Ramadhan pada Kamis besok, 17 Mei 2018, setelah melalui ru’yah, hilal tidak terlihat dan menggenapkan Sya’ban menjadi 30 hari, seperti : Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Qatar, Oman, Yaman, Yordania, Irak, Palestina, Mesir, Sudan, Tunisia, Suriah, Indonesia, Malaysia. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency, Islamicity.orgSaudi Press Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here