Muncul Komite Khittah NU (KKNU) 1926, Ini Respons PBNU

368

Moslemtoday.com : Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) merespons munculnya gerakan Komite Khittah NU (KKNU) 1926. Organisasi ini muncul di bawah kepemimpinan Prof Rochmat Wahab dan bersekretariat di Jalan Delta Raya Utara, Waru, Sidoarjo.

Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Misbahul Munir Kholil mengatakan, orang-orang yang aktif di organisasi tersebut tidak sah mengatasnamakan pengurus NU.

“Organisasi yang legal dan sah hanya pengurus PBNU yang di Kramat Raya. Hasil muktamar 33 Jombang. Mereka yang menamakan dirinya KKNU tidak sah mengatasnamakan pengurus NU karena tidak memenuhi AD/ART,” ujar Kiai Misbah saat dihubungi Republika.co.id, Jum’at (27/11/2020).

“Apalagi pengurus yang dicatut oleh KKNU banyak yang menolak namanya dicatut,” imbuhnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, KHR Ach Azaim Ibrahimy memang membuat klarifikasi bahwa dirinya tidak termasuk dalam jajaran kelembagaan Pengurus Besar Komite Khittah NU 1926.

Cucu Kiai As’ad tersebut tetap memegang teguh amanah dari almarhum KH Shalahuddin Wahid (Gus Sholah) untuk melakukan gerakan khittah secara kultural, bukan diformalkan sebagai gerakan kelembagaan seperti KKNU 1926.

Sumber : Republika.co.id

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here