Muncul Wacana Pembentukan Provinsi Sumatera Tengah: Gabungan dari Beberapa Kabupaten di Sumatera Barat, Riau dan Jambi

102

Moslemtoday.com : Foto lembaran surat usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah yang beredar di media sosial ramai dan jadi perbincangan. Dari foto tersebut tertulis sejumlah tokoh yang mengusulkan.

Tokoh-tokoh inisiator provinsi Sumatera Tengah tersebut berada di Dharmasraya, Sumatera Barat yang diketuai H Zulfikar Atut dt Penghulu Besar dan Sekretaris H Masful.

Dalam surat tercatat ada 7 kabupaten dari Provinsi Riau, Sumatera Barat dan Jambi yang akan bergabung. Jumlah penduduk dari tujuh daerah itu sekitar 1.847.000 dan luasnya mencapai 23.170 Km².

Ketujuh kabupaten yang disebut yakni Kabupaten Kuantan Singingi di Riau, Kabupaten Dhamasraya, Sijunjung dan Solok Selatan di Sumatera Barat. Selanjutnya ada Kabupaten Kerinci, Sungai Penuh dan Bungo di Jambi.

Untuk ibukota provinsi sendiri rencananya berada di Sungai Rumbai, Dhamasraya, tak jauh dari Taluk Kuantan, Kuantan Singingi, Riau. Surat itu disebut telah dikirimkan oleh para inisiator ke Presiden Joko Widodo pada 27 Oktober lalu.

Disamping itu, surat tersebut juga diklaim telah dikirimkan kepada Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, Menteri Dalam Negeri, Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Riau dan Gubernur Jambi.

Sumber : Detikcom | Weblink : https://www.detik.com/sumut/berita/d-6465639/muncul-usulan-provinsi-sumatera-tengah-gubri-tolak-daerahnya-dicaplok

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here