Muqtada Al-Sadr Bertemu dengan Putra Mahkota Saudi

2898

Moslemtoday.com : Ulama Syiah yang paling berpengaruh di Irak, Muqtada al-Sadr melakukan kunjungan langka ke Arab Saudi. Al-Sadr melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad dan membahas beberapa isu yang menjadi perhatian bersama, demikian dilansir dari Saudi Press Agency, SPA.

Pertemuan itu berlangsung pada hari Ahad, (30/7/2017) dan pada saat kedatangannya, Sadr disambut oleh Menteri Luar Negeri Saudi untuk Urusan Teluk, Thamer Al-Subhan. Selanjutnya, Putra Mahkota Saudi Pangeran Muhammad menerima al-Sadr di kantornya di Jeddah, Arab Saudi. Demikian pernyataan seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin (31/7/2017).

“Kami sangat senang dengan adanya pertemuan ini, semoga ini menjadi terobosan positif dalam hubungan Saudi-Irak, dan kami berharap ini adalah awal dari penyeleseian perselisihan sektarian di wilayah Arab-Islam,” ungkap sebuah pernyataan dari kantor Sadr sebagaimana dikutip Al Jazeera.

Irak dan Arab Saudi pada bulan lalu mengumumkan bahwa mereka membentuk dewan koordinasi untuk meningkatkan hubungan strategis sebagai bagian dari usaha untuk menyembuhkan hubungan yang bermasalah di antara tetangga Arab.

Meski sama-sama berideologi Syiah, Al-Sadr dikenal sebagai tokoh Syiah yang anti Iran dan Amerika, Dia memiliki pengikut besar di Baghdad dan kota-kota selatan Irak. Al-Sadr juga pernah membuat seruan mengejutkan, yakni meminta Presiden Suriah Bashar al-Assad lengser. (Baca juga : Ulama Syiah Irak Terkemuka, Muqtada Al-Sadr Desak Bashar Assad untuk Lengser) Padahal, para milisi Syiah di Timur Tengah, terutama dari Iran dan Libanon dikenal sebagai loyalis Assad. (DH/MTD)

Sumber : Saudi Press Agency | Al Arabiya | Al Jazeera

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here