Musthafa Kemal At-Taturk, “Mimpi” Buruk Kaum Muslimin Turki (Bagian 3)

1484

Musthafa Kemal At-Taturk, “Mimpi” Buruk Kaum Muslimin Turki (Bagian ke 3)

Yuk, kita lihat “reformasi” dan kebijakan-kebijakan lainnya yang dilakukan Musthafa Kemal.

Setelah Musthafa Kemal berkuasa, pemerintah meremehkan pendidikan agama di sekolah-sekolah khusus. Dan kemudian dihapuskan secara resmi.  (Baca juga : Musthafa Kemal At-Taturk, “Mimpi” Buruk Kaum Muslimin Turki (Bagian 1)

Bahkan fakultas syariah yang ada di Universitas Istanbul mulai mengurangi jumlah muridnya dan kemudian ditutup pada tahun 1352 H / 1933 M.

Pada tahun 1348 H / 1929 M, pemerintah mulai mewajibkan dengan paksa untuk menggunakan huruf-huruf latin dalam penulisan bahasa Turki sebagai ganti dari huruf Arab yang dipakai sebelumnya.  (Baca juga : Musthafa Kemal At-Taturk, “Mimpi” Buruk Kaum Muslimin Turki (Bagian 2)

Penulisan dengan menggunakan huruf Arab juga dilarang untuk karangan-karangan yang berbahasa Turki. Sedangkan buku-buku yang telah terlanjur dicetak dalam huruf Arab diekspor ke Mesir, Persia dan India.

Demikianlah pemerintahan Turki memutus hubungan Turki dengan masa lalu keislaman mereka dari satu sisi, dan memutus Turki dengan kaum muslimin di seluruh negeri Arab dan Islam pada sisi yang lain.

(Khilafah Utsmaniyah, Prof Dr Ali ash-Shallabi)

Oleh : Ustadz Abu Aslam Benny Mahaputra A

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here