Myanmar-Bangladesh Buat Kesepakatan Pemulangan Pengungsi Rohingya Dalam Waktu 2 Tahun

492

Moslemtoday.com : Myanmar dan Bangladesh telah sepakat untuk memulangkan pengungsi Rohingya “dalam waktu dua tahun”. Kesepakatan ini dicapai pemerintah Myanmar dan Bangladesh untuk menetapkan batas waktu yang jelas untuk mengembalikan ratusan ribu pengungsi Rohingya.

Perjanjian tersebut mengatakan bahwa prosesnya akan “selesai dalam waktu dua tahun sejak dimulainya pemulangan”, menurut pernyataan dari pemerintah Bangladesh setelah perundingan di ibu kota Myanmar, Naypyidaw, seperti dilansir dari Al Arabiya, Selasa, (16/1/18).

Kesepakatan itu berlaku untuk Pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar dalam dua wabah kekerasan militer Myanmar sejak Oktober 2016. Kesepakatan ini tidak mencakup pengungsi Rohingya yang tinggal di Bangladesh sebelum tanggal tersebut yang menurut perkiraan PBB berjumlah 200.000 orang.

“Selama pertemuan dua hari ini, kami sepakat mengenai formulir yang harus diisi pengungsi agar bisa kembali ke Myanmar,” ungkap Mohammad Sufiur Rahman, Duta Besar Bangladesh di Myanmar.

“Kita harus bisa memulai proses dalam beberapa hari mendatang,” katanya, namun menambahkan tenggat waktu yang ditetapkan Myanmar minggu depan untuk memulai pemulangan Rohingya “tidak mungkin”.

Namun, banyak orang Rohingya di kamp-kamp pengungsi di Bangladesh mengatakan bahwa mereka enggan kembali ke negara bagian Rakhine karena khawatir dari kekejaman termasuk pembunuhan, pemerkosaan dan pembakaran rumah yang akan mereka alami kembali. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here