NATO Tambah 3.000 Pasukan di Afganistan

605

Moslemtoday.com : Sejumlah 3.000 pasukan tambahan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) akan dikirim ke Afghanistan dalam beberapa bulan mendatang, kata Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg.

Pasukan tambahan yang sebagian besar dipasok Amerika Serikat akan menambah jumlah kontingen NATO menjadi 16.000.

“27 negara lain juga telah berkomitmen untuk menambah jumlah pasukannya dalam beberapa bulan mendatang. Jadi, jumlah Misi Dukungan Tegas (RSM) akan bertambah dari sekitar 13.000 menjadi 16.000 pasukan,” jelas Stoltenberg dalam konferensi pers di Brussel, baru-baru ini.

RSM pimpinan NATO yang menggantikan misi tempur Pasukan Bantuan Keamanan Internasional pada 2015, berfokus pada pelatihan, konsultasi, dan membantu pasukan keamanan Afghanistan.

Stoltenberg menyambut baik komitmen baru tersebut dan menyatakan bahwa NATO akan terus mendukung pasukan keamanan Afghanistan secara finansial sampai setidaknya tahun 2020.

Lebih dari 130.000 pasukan NATO ditempatkan di Afghanistan pada tahun 2011, tahun puncak pengiriman pasukan.

Sepanjang tahun lalu, Taliban telah mengambil keuntungan besar secara teritorial, dan melancarkan serangan terbanyak sejak 2007.

Setelah pertemuannya dengan Menteri Pertahanan sementara Afghanistan Tariq Shah Bahrami, Stoltenberg mengatakan bahwa NATO akan terus mendukung perdamaian dan proses rekonsiliasi.

“Kami menyambut baik insiatif yang digagas Presiden Ashraf Ghani pada awal tahun ini. Kami mendesak pemerintah untuk berupaya keras dalam memastikan keberlangsungan perdamaian di seluruh wilayah,” ujar dia.

Stoltenberg juga meminta Pakistan untuk memainkan peran kunci dalam memerangi Taliban karena “perdamaian dan stabilitas di Afghanistan menandakan perdamaian dan stabilitas di seluruh wilayah pula”.

Uni Emirat Arab dan Qatar juga tengah mengupayakan kontribusi dalam misi tersebut.

Sumber : Anadolu Agency

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here