Naturalisasi Imigran Irak dan Suriah, Erdogan : Mereka Orang-orang Hebat, Selamat Datang di Turki

1148
Turkey to naturalize Syrian, Iraqi migrants: Erdogan

Join @Moslemtodaycom Channel on Telegram

Moslemtoday.com :  Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa beberapa dari jutaan warga Irak dan Suriah yang telah melarikan diri ke Turki akan diberikan kewarganegaraan Turki.

“Kementerian dalam negeri kami melaksanakan pemeriksaan, dan berdasarkan pemeriksaan ini, beberapa dari mereka akan diberikan kewarganegaraan Turki setelah semua pemeriksaan yang diperlukan selesai dilaksanakan,” kata Erdogan seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (7/1/2017).

“Ada orang-orang yang berkualitas di antara mereka, ada insinyur, pengacara, dokter. Mari kita memanfaatkan bakat itu. Daripada membiarkan mereka bekerja secara ilegal di sana-sini, mari kita beri mereka kesempatan untuk bekerja sebagai warga negara, seperti anak-anak bangsa ini,” tambah Erdogan.

Erdogan mengatakan kementerian dalam negeri siap untuk melaksanakan tindakan setiap saat. Tapi ia tidak memberikan rincian lebih lanjut, terutama tentang berapa yang akan mendapatkan kewarganegaraan Turki.

Menurut angka pemerintah Turki, negara ini menampung lebih dari tiga juta warga Suriah dan Irak yang telah melarikan diri dari perang.

Erdogan sebelumnya juga sempat menguraikan rencana naturalisasi pada musim panas lalu tetapi gagasan itu memicu protes dan komentar xenophobia di media sosial.

Pihak Oposisi politik di negara itu menilai rencana itu sebagai skema untuk memperluas basis pemilihan Erdogan pada saat dia mendorong reformasi konstitusi yang akan memperkuat kekuasaannya.

Sumber : Al-Arabiya | Weblink : https://english.alarabiya.net/en/News/middle-east/2017/01/06/Turkey-to-naturalize-Syrian-Iraqi-migrants-Erdogan-.html

comments

LEAVE A REPLY