NBC News : Iran mengkonfirmasi peluncuran satelit kedua yang gagal

40
Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif berbicara selama konferensi pers di Baghdad, Irak 13 Januari 2019. REUTERS / Khalid Al-Mousily / File Foto

Moslemtoday.com : Upaya Iran untuk meluncurkan satelit kedua dalam dua bulan terakhir telah gagal, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan dalam sebuah wawancara dengan NBC News yang diterbitkan pada hari Jumat.

Usahanya untuk meluncurkan satelit bulan lalu juga gagal. Meskipun keduanya gagal, pernyataan Zarif kemungkinan akan meningkatkan ketegangan dengan Amerika Serikat, dengan teknologi balistik jarak jauh yang digunakan untuk mengirim satelit ke ruang angkasa yang juga digunakan untuk meluncurkan hulu ledak.

Perwakilan Dewan Keamanan Nasional AS tidak segera menanggapi hal itu.

Iran menganggap program luar angkasa sebagai masalah kebanggaan nasional. Teheran membantah bahwa peluncuran kendaraan ruang angkasa dan pengujian rudal melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Iran mengatakan bulan lalu bahwa satelit yang dicuba diluncurkan tidak mencapai kecepatan yang cukup lalu gagal. Kementerian Telekomunikasi Iran mengatakan pada saat itu bahwa satelit, yang disebut Payam, dimaksudkan untuk digunakan sebagai pencitraan dan komunikasi selama sekitar tiga tahun.

Iran meluncurkan satelit pertama yang dibangun di dalam negeri pada 2009, pada peringatan 30 tahun Revolusi 1979 di negara itu. Iran menandai bulan ini sebagai peringatan ke empat puluh tahun revolusinya.

Kementerian Luar Negeri Iran tidak dapat dihubungi untuk mengomentari laporan NBC News yang banyak dikutip oleh media berita Iran, termasuk berita negara IRNA.

Sumber : Reuters | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here