Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia Tahun 2023, Indonesia Urutan Berapa?

96

Moslemtodat.com : Negara dengan paspor terkuat di dunia pada 2023 apa saja? Meski bentuknya serupa, namun paspor masing-masing negara memiliki kekuatan yang berbeda.

Kekuatan paspor dapat terlihat dari pemeringkatan yang dibuat beberapa lembaga, salah satunya Henley & Partners.

Firma penasihat kewarganegaraan dan tempat tinggal global yang berbasis di London itu mengeluarkan Henley Pasport Index 2023.

Indeks Paspor Henley melakukan pemeringkatan terhadap 199 paspor menurut jumlah tujuan yang dapat diakses pemegangnya, tanpa visa sebelumnya.

Berikut negara dengan paspor terkuat di dunia tahun 2023.

1. Jepang

Jepang berada di urutan pertama dalam peringkat negara dengan paspor terkuat di dunia. Kekuatan paspor Jepang terlihat dari jumlah negara yang dapat diakesnya. Pemegang paspor Jepang dapat bepergian ke 193 destinasi di dunia dengan bebas visa.

Posisi Jepang di puncak daftar tidak berubah sejak tahun 2018. Warga Jepang hanya memerlukan visa untuk bepergian ke 34 destinasi, di antaranya adalah Nauru, Suriah, Kuba, Rusia, Korea Utara, Kenya.

2. Singapura dan Korea Selatan

Dengan destinasi bebas visa sebanyak 192 tujuan, Singapura dan Korea Selatan berada di peringkat kedua dalam Indeks Paspor Henley 2023. Pada 2022, kedua negara ini juga berada di posisi kedua.

Sementara di tahun 2021, Singapura menempati peringkat pertama bersama Jepang, sedangkan Korea Selatan di peringkat dua bersama Jerman. Pemegang paspor Singapura dan Korea Selatan sama-sama membutuhkan visa ke 35 destinasi.

3. Jerman dan Spanyol

Jika peringkat 1 dan 2 ditempati negara dari Asia, maka peringkat 3 diisi oleh negara dari Benua Eropa yaitu Jerman dan Spanyol. Ini berarti, Jerman dan Spanyol menjadi negara di Eropa dengan paspor terkuat. Posisi ini dipertahankan Jerman dan Spanyol sejak 2022.

Sama seperti tahun lalu, kedua negara tersebut memiliki 190 destinasi bebas visa di dunia. Sementara itu, ada 37 destinasi yang membutuhkan visa bagi pemegang paspor Jerman dan Spanyol.

Bagaimana dengan Indonesia?

Berdasarkan Indeks Paspor Henley 2023, Indonesia berada di peringkat 75. Bersama dengan Zambia di peringkat yang sama, Indonesia memiliki akses ke 71 destinasi tanpa memerlukan visa.

Posisi Indonesia di tahun ini lebih baik, karena di tahun sebelumnya Indonesia berada di posisi 76. Namun, pada 2022, Indonesia memiliki akses bebas visa ke 72 destinasi di dunia.

Sumber : SINDOnews.com | Weblink : https://international.sindonews.com/read/998025/45/negara-dengan-paspor-terkuat-di-dunia-tahun-2023-indonesia-urutan-berapa-1673935288

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here