NEOM: Masa Depan Baru Timur Tengah

648

Neom adalah sebuah kawasan baru yang akan dikembangkan Saudi. Berlokasi di propinsi Tabuk, berbatasan dengan Yordania dan Teluk Aqabah.

Sepulang dari Teluk Aqabah menuju Amman, saya membayangkan betapa dahsyatnya proyek ini. Proyek ini menelan biaya ratusan milyar dollar.

Neom berasal dari kata “neo” (baru) dan “m” dari kata “mustaqbal” (future). Kawasan ini akan menjadi kawasan ekonomi, pendidikan, dsb berbasis teknologi tinggi. Silakan searching tentang NEOM.

Namun yang lebih menarik sebenarnya adalah pembangunan jembatan yang menghubungkan Saudi dengan Mesir. Jembatan ini disepakati setelah presiden Mesir sebelumnya, Husni Mubarak, membatalkannnya.

Jembatan ini akan menghubungkan pantai di Ra’s Syekh Hamid ke pulau Tiran (Mesir), lanjut ke Ra’s Nasrani (Mesir). Diperkirakan biayanya 4 milyar dollar.

Jika jembatan ini selesai, berarti akan melintasi Selat Tiran. Jika anda pernah baca soal perang Israel vs Arab (Mesir, Yordania, dan Suriah) ditahun 1967, pasti paham pentingnya Selat Tiran.

Selat Tiran adalah selat yang menjadi pintu masuk kapal-kapal Israel. Menguasai selat ini berarti sangat strategis.

Nilai strategis lain dari Proyek Neom ini adalah dampak ekonominya tidak hanya kepada Saudi dan Mesir, namun juga kepada Yordania dan Suriah.

Yordania saat ini keteteran akibat harus menanggung para pengungsi Palestina dan Suriah. Separuh nyawa di Yordania adalah pengungsi. Disisi lain, bantuan untuk pengungsi melalui UNRWA (PBB) diblokade Amerika.

Dengan adanya proyek ini, maka tenaga kerja dari Yordania juga akan tersedot dalam proyek tersebut, baik dari penduduk resmi maupun para pengungsi. Sekedar info, pengungsi Palestina di Yordania diperlakukan sama dengan penduduk lokal. Begitupun dengan pengungsi Suriah. Orang Syam sesungguhnya adalah rumpun-rumpun keluarga. Mereka terpisah oleh batas negara akibat perjanjian Sykes-Picot di tahun 1906.

Kita dapat berimajinasi bahwa Pan-Arabia akan terbentuk dari proyek ini. Dimulai dengan membuat konsorsium proyek Pan-Arabia berlanjut ke aliansi militer. Terbentuknya Pan-Arabia akan kembali men-triggger Pan-Islamis yang terhenti sejak puluhan tahun lalu.
Semoga…

Oleh : Ismail Rajab

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here