Netanyahu Lengser, Naftali Bennet Dilantik Menjadi PM Israel yang Baru

244

Moslemtoday.com : Naftali Bennet, 49 tahun, mantan Menteri Pertahanan resmi dilantik sebagai Perdana Menteri Israel yang baru pada hari Minggu, 13 Juni 2021 menggantikan Benjamin Netanyahu yang kalah dalam pemungutan suara di Knesset (Parlemen Israel). Naftali unggul tipis dari Netanyahu dalam pemungutan suara tersebut, 60:59.

Naftali Bennet, berhaluan ultra-nasionalis merupakan mantan Menteri Pertahanan pada tahun 2019-2020 dan dikenal sebagai salah satu jutawan teknologi tinggi. Dia didukung oleh koalisi partai-partai sayap kiri, tengah, sayap kanan dan 21% partai minoritas Arab, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (14/6/2021).

Di bawah kesepakatan koalisi, Bennett akan digantikan sebagai Perdana Menteri pada tahun 2023 oleh Yair Lapid, seorang politikus senior Israel berusia 57 tahun yang berhasil menyatukan koalisi-koalisi partai tersebut.

Meskipun didukung oleh minoritas Arab, namun Palestina tidak tertarik dengan pergantian pemerintahan di Israel dan memprediksi bahwa pemerintahan Naftali Bennet tidak ubahnya seperti Netanyahu yang akan terus mencaplok wilayah Palestina.

Benjamin Netanyahu adalah perdana menteri sejak 2009. Ia memimpin Israel selama 12 tahun. Dalam pemerintahannya, Netanyahu telah berulang kali didera oleh isu korupsi di mana ia terus membantahnya. Namun isu tersebut terus membuat suaranya semakin lemah di Knesset dan lemahnya dukungan dari warga Israel. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here