Obama : Rezim Assad, Rusia dan Iran Biang Kekejaman di Suriah

7100

Moslemtoday.com : Barack Obama menyebut rezim Suriah dan sekutunya, Rusia dan Iran penyebab biang kekejaman di Suriah. Obama mengatakan Suriah bersama Moskow dan Teheran telah membantai warga sipil di Aleppo.

“Kami telah melihat strategi yang disengaja rezim ini (Assad) bersama sekutunya mengepung, membantai dan membiarkan kelaparan warga sipil yang tak bersalah. Tanggung jawab untuk kebrutalan ini terletak di satu tempat saja, rezim Assad dan sekutunya, Rusia serta Iran,” ucap Obama.

”Darah, dan kekejaman ini, berada di tangan mereka,” ungkap Obama dalam konferensi pers hari Jumat waktu Washington. Demikian seperti dikutip dari CNN, Sabtu (17/12/2016).

Obama menjelaskan mengapa dia tidak menempuh opsi agresi untuk mengakhiri konflik di Suriah. Menurutnya, opsi itu bisa saja ditempuh tapi tidak mungkin dilakukan.

”Kecuali kita semua berada di (Suriah) dan bersedia untuk mengambil alih Suriah, namun ini akan memiliki banyak resiko,” tambah Obama.

“Itu akan membutuhkan waktu untuk menempatkan sejumlah besar pasukan AS di darat, tanpa diminta, tanpa mandat hukum internasional, tanpa dukungan dari kongres, itu tidak akan mungkin dilakukan” lanjut Obama merinci masalah yang dihadapi AS jika nekat meluncurkan agresi di Suriah.

Terkait konflik di Aleppo, Obama mengecam keras serangan brutal dari rezim Presiden Assad dan sekutunya. Obama menyerukan pasukan pengamat internasional untuk memantau situasi dan membantu evakuasi warga dan memberikan akses untuk bantuan kemanusiaan di Aleppo. “Dunia tidak akan lupa,” katanya.

Sumber : CNN | Weblink : http://edition.cnn.com/2016/12/16/politics/obama-syria-assad-russia-aleppo/

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here