OKI: Indonesia Masuk Daftar 20 Eksportir Ekonomi Halal Teratas di Dunia

39

Moslemtoday.com : Indonesia menjadi salah satu dari tiga negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang masuk dalam daftar 20 eksportir ekonomi halal teratas di dunia. Hal itu diungkapkan dalam laporan yang dirilis Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul, Turki.

Berdasarkan rilis Laporan Tahunan Ekonomi Halal OKI 2022, Turki dan Malaysia adalah dua negara lagi dari 57 negara anggota OKI yang termasuk dalam kategori ini.

Laporan tersebut diluncurkan di Istanbul di sela-sela pertemuan ke-38 Komite Tetap untuk Kerjasama Ekonomi dan Komersial (COMCEC) OKI selama empat hari, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Sabtu, (3/12/2022).

Pusat Pengembangan Perdagangan Islam (ICDT), mengatakan bahwa anggota OKI mencatat defisit perdagangan sebesar USD63 miliar untuk produk halal tahun lalu. “Ekspor mencakup makanan, fashion, farmasi dan kosmetik, dengan ekspor setara dengan USD275 miliar dan impor sebesar USD338 miliar,” ungkap ICDT.

“Hanya 18 persen dari impor ini bersumber dari intra-OKI, sementara hanya tiga negara OKI (Turkiye, Indonesia dan Malaysia) yang berhasil masuk ke dalam 20 eksportir teratas produk ekonomi halal,” kata laporan tersebut.

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here