OKI Menyambut Kesepakatan Perdamaian di Afrika Tengah

41
Sumber : google Image

Moslemtoday.com : Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menyambut baik perjanjian damai yang dicapai pada hari Sabtu, 2 Februari 2019, antara pemerintah Republik Afrika Tengah dan 14 kelompok bersenjata yang diwakili dalam negosiasi yang berlangsung di bawah naungan Uni Afrika dan diselenggarakan oleh Pemerintah Republik Sudan. Seperti dilansir dari kantor berita Saudi SPA, Senin, (4/2/2019).

Sekretaris Jenderal OKI Dr. Yousef bin Ahmed Al-Othaimeen memberi selamat kepada semua pihak Afrika Tengah, Uni Afrika, PBB dan Pemerintah Sudan atas pencapaian penting ini dan menyatakan harapan bahwa Negara-negara Anggota OKI akan berpartisipasi dalam upaya yang bertujuan memulihkan perdamaian di Republik Afrika Tengah dan berkontribusi dalam realisasi pembangunan berkelanjutan di negara ini.

Republik Afrika Tengah telah diguncang oleh kekerasan sejak 2013 ketika sebagian besar pemberontak Muslim Selaka menggulingkan presiden Francois Bozize, yang memicu pembalasan dari sebagian besar milisi Kristen. Pasukan penjaga perdamaian PBB dikerahkan pada tahun 2014.

Konflik di Republik Afrika Tengah telah memakan korban lebih dari satu juta orang, kata PBB, dan saat ini menunjukkan tanda mulai mereda.

Pembicaraan, yang dimulai pada 24 Januari dengan dukungan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Uni Afrika, dimaksudkan untuk membendung kekerasan yang telah menyebar ke seluruh provinsi dan di mana angkatan bersenjata yang terlalu terbatas hanya memiliki sedikit kendali.

Sumber : SPA | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here