Otoritas Palestina Tolak Wapres AS Mike Pence Memasuki Jerusalem

529

Moslemtoday.com : Otoritas Palestina mengatakan bahwa Wakil Presiden AS Mike Pence dilarang memasuki kota Jerusalem selama kunjungannya yang dijadwalkan akhir bulan ini.

“Kami tidak akan menerimanya di wilayah Palestina,” ungkap Jibril Rajoub sehari setelah Presiden AS Donald Trump secara resmi mengakui Jerusalem sebagai ibukota Israel dan memulai proses pemindahan kedutaannya dari Tel Aviv ke kota suci tersebut.

Keputusan kontroversial AS telah memicu kemarahan dan protes di wilayah-wilayah Palestina dan mendapat kecaman internasional dari para pemimpin dunia.

Pence diperkirakan akan mengunjungi Israel akhir bulan ini, dengan kunjungan terakhir ke kota Bethlehem, Palestina.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan kepada Al Jazeera  bahwa Pence bermaksud untuk bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dengan mengatakan bahwa hal itu akan menjadi masalah baru bagi pemimpin Palestina tersebut jika membatalkan pertemuan tersebut.

Langkah kebijakan Trump telah memicu konflik Israel-Palestina, di mana status Jerusalem adalah isu utama. Orang-orang Palestina menganggap kota Jerusalem sebagai ibukota kota Palestina merdeka.

Abbas bersama Raja Yordania Abdullah II menyatakan bahwa “tindakan apapun yang merusak status hukum dan sejarah Jerusalem tidak sah. Mereka memperingatkan dampak “berbahaya” dari tindakan AS tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here