Padang Panjang Kembali Launching Kelurahan Sadar Kerukunan Umat Beragama

19

Padang Panjang, Humas_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. ALIZAR Datuak Sindo Nan Tongga Narasumber kegiatan Kelurahan Sadar Kerukunan Umat Beragama di Kota Padang Panjang, Kamis (29/09/2022).

Kegiatan diselenggarakan di Aula Kantor Lurah Guguk Malintang dalam rangka memantapkan Tahun Moderasi dan Toleransi di Kota Serambi Mekkah Padang Panjang.

Mengusung tema Mengokohkan Kelurahan Sadar Kerukunan hingga tingkat Kelurahan, Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur, merupakan Kelurahan kedua sebagai Rintisan Kelurahan Sadar Kerukunan Umat Beragama, setelah Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat di Kota Padang Panjang.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Padang Panjang H. Sehabuddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Kalau sudah terjadi konflik sosial, masalah yang akan timbul akan semakin parah,” ujarnya.

“Makanya, kembali kita selenggarakan kegiatan ini untuk memantapkan kerukunan,” ulasnya.

Kakankemenag dalam pemaparannya menyampaikan bahwa, “konflik sosial kalau tidak dikelola ibarat api dalam sekam,” ujarnya.

“Moderasi Beragama adalah sudah final, maknanya jadikan agama itu inspirasi bukan aspirasi,” jelasnya.

“Kerukunan sangat mahal harganya, sehingga Kementerian Agama Republik Indonesia mencanangkan Kampung Kerukunan,” pungkasnya.

“Mari kita rawat kerukunan ini, demi kemaslahatan kita semua, baik di Kota Padang Panjang atau Indonesia umumnya” harap Kakankemenag.

Sementara itu Walikota Padang Panjang diwakili Wakil Walikota Asrul dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Kerukunan antar umat beragama merupakan aset berharga di NKRI,” ujarnya.

“Begitupun di Kota Padang Panjang, Kita bersama Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat beserta seluruh unsur berkomitmen mewujudkan Padang Panjang yang rukun dan damai,” ulasnya.

Wakil Walikota juga berharap kerjasama semua pihak untuk mewujudkan Toleransi dan Moderasi Beragama di Kota Padang Panjang

Selain Kakankemenag, Narasumber kegiatan dari Ketua FKUB H. Sehabuddin dan dari Kasat Bimas Polres Kota Padang Panjang.

Hadir sebanyak 40 peserta terdiri dari Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Bhabinkamtibmas, Babinsa beserta seluruh pihak terkait FKUB di Kelurahan Guguk Malintang.

Pada kesempatan ini langsung dilaunching Kelurahan Sadar Kerukunan Umat Beragama oleh Walikota Padang Panjang diwakili Wakil Walikota Asrul, disaksikan Kakankemenag, Ketua FKUB, Kasat Bimas Polres Padang Panjang dan hadirin undangan.

Komitmen untuk mewujudkan Tahun Toleransi 2022 di Indonesia, Pemerintah Kota Padang Panjang bersama Kantor Kementerian Agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) selalu bersinergi dan berkolaborasi.(Adi)

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here