Padang Panjang Segera Miliki Kampung Zakat

17
Padang Panjang, Humas_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang gelar rapat penetapan kampung zakat di Aula kantor, Senin (24/10/2022).


Kegiatan ini sebagai tidak lanjut Surat Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor : B-5178/Dt.III.IV/BA.03.2/10/2022 tentang pemetaan lokasi Kampung Zakat dan sekaligus akan dilaunchingnya Kampung Zakat di seluruh Kabupaten/Kota se Indonesia oleh Menteri Agama pada Bulan November Tahun 2022.


Untuk menjelaskan persyaratan dan penetapan kampung zakat di Kota Padang Panjang, maka digelar rapat penetapan kampung zakat di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang.


Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “potensi umat Islam diantaranya ada pada Zakat dan Wakaf,” ujarnya.


“Apabila zakat dikelola secara profesional di NKRI, jumlahnya akan mengalahkan APBN,” ulasnya.


“Untuk Kota Padang Panjang dibutuhkan percontohan Kampung Zakat, dengan tidak mengabaikan kampung atau kelurahan lainnya di Bumi Serambi Mekkah,” tambahnya.


Mengulas sambutan Kakankemenag, Kabag Kesra Erwina Agreni menyampaikan bahwa, “Program kampung zakat sejalan dengan Program pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.


“Jika nantinya, suatu Kelurahan telah menjadi Kampung Zakat akan kita penuhi kriterianya untuk dinilai oleh tim dari pusat,” ulasnya.


Sementara itu Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Padang Panjang Syamsuarni menyampaikan bahwa, “BAZNAS sangat mendukung terwujudnya Kampung Zakat di Kota Padang Panjang,” ujarnya.


“Muaranya nanti adalah terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat khususnya di Kota Padang Panjang,” jelasnya.


“Sangat sejalan dengan Padang Panjang Makmur, program Pemerintah Daerah Kota Padang Panjang saat ini,” pungkasnya.


“Semoga dengan kebersamaan kita semua, memperkokoh terwujudnya Padang Panjang Bermarwah dan Bermartabat,” harapnya.


Hadir dalam rapat ini Kabag Kesra Setdako Padang Panjang, Kepala DPPKBP3A, Ketua BAZNAS, Ketua LAZISMU, Camat se Padang Panjang, Kepala KUA se Padang Panjang, Lurah se Padang Panjang.


Turut hadir Kasubbag TU dan Kasi Bimas Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang.


Hasil dari rapat ini terbentuknya Tim dari berbagai unsur terkait Kampung Zakat.


Rapat dipandu oleh Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Zawa) Basri. (Adi)

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here