Padang Panjang Selenggarakan Idhul Adha di Islamic Center

15

Padang Panjang, Humas_Sesuai penetapan Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia Iedul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyyah bertepatan dengan Ahad (10/07/2022).

Masyarakat Padang Panjang Kota dingin Bumi Serambi Mekkah penuhi Masjid Islamic Center (IC) untuk laksanakan Salat Ied.

Tidak hanya masyarakat domisili Padang Panjang, banyak juga jama’ah sholat dari luar kota beserta perantau ikut rayakan Idul Adha di kampung halaman.

Terlihat Walikota H. Fadly Amran Datuak Paduko Malano, Wakil Wali Kota Asrul, Ketua DPRD, Mardiansyah, Kakan Kemenag H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga dan Sekdako Sonny Budaya Putra beserta unsur Pimpinan Forkompinda berbaur bersama seluruh Jamaah Idhul Adha.

Sebelum melaksanakan salat, dalam sambutannya Walikota mengatakan, “tahun ini merupakan momentum yang sangat istimewa bagi umat muslim. Setelah dua tahun tidak bisa melaksanakan ibadah haji dan Shalat Idul Adha secara berjamaah karena Covid-19,” ujarnya.

“Dengan momentum ini, marilah bersama-sama kita bersyukur, tingkatkan ketaqwaan dan meresapi makna dari perayaan Idul Adha 1443 setiap tahun,” ulasnya.

“Mari kita jalin hubungan Hablumminallah (hubungan kepada Allah) dan Hablumminannas (hubungan kepada sesama manusia), serta introspeksi kembali keislaman kita. Apakah sudah baik dan apa yang harus kita tingkatkan. Inilah makna dari kita berkumpul pada hari ini merayakan Idul Adha,” pungkasnya.

Disebutkannya, beberapa waktu terakhir juga merebak wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) melanda hewan ternak. Wabah ini sempat mengancam ketersedian hewan kurban di Indonesia termasuk Kota Padang Panjang.

Terkait hal tersebut, Fadly mengatakan, “Alhamdulillah, wabah ini dapat disikapi dengan baik oleh tim dari Dinas Pangan dan Pertanian yang telah bergerak cepat melakukan upaya-upaya penanggulangan,” jelasnya.

“Awal Juni ditemukan lima kasus PMK di Padang Panjang, tiga di antaranya dinyatakan sembuh dan dua ekor sudah ditangani sesuai prosedur. Alhamdulillah, hasilnya tidak ditemukan lagi kasus PMK hingga saat ini. Serta kami pastikan hewan kurban di Kota Padang Panjang terbebas dari virus tersebut,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga dalam sambutannya selaku Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Padang Panjang menyampaikan bahwa, “terkait perayaan Idul Adha di Kota Padang Panjang tahun ini, untuk pelaksanan ibadah kurban sebanyak 554 ekor sapi dan 13 ekor Kambing,” tuturnya.

Bertindak sebagai Imam Rifdal Hamdani dan Khatib Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang Panjang H. Zulhamdi. (Adi)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here