Pagelaran Wayang Orang ‘Pandawa Boyong’ : Panglima TNI-Kapolri Jadi Pemeran Utama

129

Moslemtoday.com : Dalam peringatan Hari Darma Samudera yang jatuh pada tanggal 15 Desember, TNI AL menggelar pagelaran Wayang Orang ‘Pandawa Boyong’. Tak tanggung-tanggung, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bahkan ikut memainkan peran wayang orang di kegiatan ini.

Panglima TNI Jenderal Yudo memainkan peran Bima Sena, sedangkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit bakal melakoni tokoh Prabu Puntadewa. Kemudian, diikuti oleh Istri Yudo, Vero Yudo Margono, yang memerankan Dewi Nagagini.

Selain ketiganya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Muhammad Ali dipercaya memainkan peran sebagai Batara Baruna. Diikuti oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman yang melakoni sosok Batara Brama. Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Undara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo sendiri bakal memerankan Resi Abayasa.

Dalam konferensi persnya, Yudo Margono menyebut setidaknya ada 400 personal yang turut serta memeriahkan pagelaran ini. Ia menyebut tujuan kegiatan wayang orang ini tidak lain menyangkut soal pelestarian budaya.

“Ini tentunya kita bersama sama juga akan melestarikan budaya asli Indonesia yaitu budaya kesenian wayang, yang merupakan kesenian asli Indonesia,” kata Yudo Margono kepada wartawan di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Minggu (15/1/2023).

Yudo menambahkan bahwa pagelaran ini juga merupakan bentuk kerja sama antara TNI dan Polri. Ia menyebut TNI-Polri juga harus bekerja sama dalam mengabadikan budaya-budaya Indonesia.

“Ini sinergitas TNI-Polri, selain menjaga kedaulatan keamanan, melindungi tumpah darah Indonedia, juga sinergitas TNI-Polri melestarikan budaya asli Indonesia,” tambah dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga mengaku bangga lantaran ikut serta dalam pagelaran tersebut. Ia menyebut wayang orang ini sebagai kegiatan yang luar biasa.

“Pagelaran ini luar biasa, karena Panglima dan seluruh staf dan perwira tinggi lain dari semua angkatan ikut bergabubg,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Dia berharap nantinya pagelaran ini bakal semakin meningkatkan sinergitas antar TNI-Polri. Sebab, Listyo menyebut ada banyak bilai filosofis dalam kegiatan ini.

“Tentunya mudah-mudahan sinergitas TNI-Polri betul-betul memperkokoh program-progam kebijakan dari negara, pemerintah dalam rangka mengawal, mendukung dan mensejahterakan dan membangun Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera,” pugkas Listyo.

Sumber : Detikcom | Weblink : https://news.detik.com/berita/d-6516937/potret-panglima-tni-dan-kapolri-jadi-wayang-orang-pandawa-boyong

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here