Palang Merah Internasional Minta Myanmar Berikan Akses untuk Bantu Warga Rohingya

711
A boy sit in a burnt area after fire destroyed shelters at a camp for internally displaced Rohingya Muslims in the western Rakhine State near Sittwe, Myanmar May 3, 2016. REUTERS/Soe Zeya Tun

Moslemtoday.com : Palang Merah Internasional atau International Committee of the Red Cross (ICRC) meminta Pemerintah Myanmar memberikan akses masuk bagi para pekerja bantuan untuk membantu etnis Muslim Rohingya yang terjebak dalam konflik.

Sebagaimana diketahui, Otoritas Myanmar telah memblokir akses ICRC di beberapa daerah yang merupakan tempat tinggal para orang Rohingya.

“Kami ingin memiliki akses ke semua orang yang membutuhkan. Dan untuk melakukan penilaian yang tepat serta memberikan bantuan sesuai yang dibutuhkan,” ujar Presiden ICRC, Peter Maurer sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (12/5/2017).

Saat ini, Maurer sendiri tengah mengunjungi negara bagian Rakhine dan meninjau kamp-kamp orang Rohingya yang didirikan untuk menampung mereka yang kehilangan tempat tinggal akibat bentrokan dengan umat Budha lima tahun lalu.

Pemerintah Myanmar sendiri baru-baru ini mengizinkan pekerja bantuan internasional untuk mengunjungi desa-desa yang terkena dampak, dengan syarat bahwa mereka harus didampingi oleh pejabat pemerintah.

Maurer dijadwalkan melanjutkan kunjungannya itu ke Kachin State di utara. Namun permintaan tersebut ditolak oleh otoritas berwenang. Dan pada Jumat 12 Mei, , Maurer akan bertolak ke Ibu Kota, Naypyidaw, untuk bertemu dengan Aung San Suu Kyi.

Sebagaimana diketahui ICRC membantu mengelola sebuah rumah sakit sipil. Namun pekerja ICRC belum mendapatkan akses kembali ke lokasi sejak pertempuran antara pasukan militer Myanmar dan warga Rohingya pecah delapan bulan lalu. (DH/OKZ)

Sumber : REUTERS

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here