Palestina : Kesepakatan Oslo Telah Batal dan Kami Tidak Akan Mematuhinya

733
Palestina : Kesepakatan Oslo Telah Batal dan Kami Tidak Akan Mematuhinya

Moslemtoday.com : Kepala negosiator Palestina dan anggota Komite Pusat Fatah, Saeb Erekat menegaskan bahwa Perjanjian Oslo yang ditandatangani 25 tahun lalu antara Israel dan Palestina telah batal karena Israel tidak pernah mematuhi kesepakatan itu.

“Pihak Palestina telah sepenuhnya mematuhi semua ketentuan perjanjian dan menerapkannya di lapangan tanpa kegagalan apa pun, tetapi pihak Israel tidak pernah mematuhinya, yang membuat kesepakatan kehilangan nilai. Konsekuensi kami menuntut kemerdekaan Palestina,” kata Erekat, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Sabtu, (15/9/2018).

“Pemerintah Israel, yang dipimpin oleh Benjamin Netanyahu telah menghancurkan sepenuhnya Kesepakatan Oslo dan impian kedua negara, dan secara resmi kesepakatan itu batal melalui langkah rasis dan sewenang-wenang terhadap Palestina yang berlanjut selama beberapa tahun terakhir,” ungkap Erekat.

“Kami tidak akan mematuhi perjanjian ini. Kami tidak akan mengakui Israel sebagai sebuah negara sampai hak Palestina atas sebuah negara dan hak-haknya dihormati oleh Israel,” tegas Erekat.

Erekat menambahkan bahwa kesalahan mendasar dari Kesepakatan Oslo adalah tidak adanya pengakuan timbal balik secara resmi terhadap Negara Palestina dan Negara Israel.

“Israel sepenuhnya bertanggung jawab atas kegagalan perjanjian ini dengan tidak menghormati ketentuan-ketentuannya serta menduduki wilayah Palestina, memperluas permukiman dan agresinya terhadap hak-hak, properti dan kesucian Palestina,” ujar Erekat. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Monitor | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here