Palestina : Menerima “Deal of The Century” Sama Saja dengan Menyerah

124

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki menyatakan penolakan tegas terhadap rencana perdamaian “Deal of The Century” atau yang dikenal “Kesepakatan Abad Ini” yang dirancang oleh Amerika Serikat. Al-Maliki mengatakan bahwa menerima kesepakatan itu sama saja dengan tindakan menyerah kepada Israel.

“‘Deal of The Century adalah penyerahan dari cobaan berat kita selama seabad: tidak ada kemerdekaan, tidak ada kedaulatan, tidak ada kebebasan, tidak ada keadilan,” kata al-Maliki, seperti dilansir dari Al Jazeera, Sabtu, (18/5/2019).

Pernyataan menteri luar negeri Palestina datang di tengah upaya diplomatik oleh pemerintah Palestina dalam rangka mendapatkan dukungan internasional untuk menolak dokumen kesepakatan tersebut.

Upaya AS untuk menghidupkan kembali proses perdamaian antara Israel dan Palestina telah gagal mencapai kesepakatan akhir setelah AS secara sepihak pada Desember 2017 lalu menyatakan Yerusalam sebagai ibukota Israel. Hal itu membuat para pemimpin Palestina marah dan menolak segala upaya perdamaian yang diinisiasi oleh AS.

Al-Maliki juga mengkritik pemerintah AS karena bersiap memberikan “cap persetujuannya terhadap kebijakan kolonial Israel” terhadap tanah Palestina. “Kami tidak setuju dengan pandangan bahwa kami harus menunggu sampai dia (Israel/AS) melewati tebing atau menabrak orang-orang Palestina untuk melakukan sesuatu tentang hal itu,” kata al-Maliki.

Al-Maliki mengatakan Palestina siap untuk menegosiasikan perjanjian damai berdasarkan perbatasan pra-1967 yang diakui secara internasional di bawah pengawasan pihak-pihak yang memegang pertanggungjawaban internasional, tetapi Palestina “tidak akan pernah siap menandatangani tindakan penyerahan diri”. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here