Pandemi Covid-19, Robot Gantikan Acara Wisuda Mahasiswa di Jepang

236

Moslemtoday.com : Acara wisuda kelulusan mahasiswa di Jepang pada musim semi ini telah banyak dibatalkan karena pandemi virus corona (Covid-19). Namun kampus BBT (Business Breakthrough University) di Tokyo memiliki cara unik untuk tetap menggelar upacara wisuda dengan menggunakan robot.

Robot, yang dijuluki “Newme” yang dikembangkan oleh ANA Holdings, mengenakan topi kelulusan dan jubah layaknya seorang mahasiswa yang sedang melaksanakan acara wisuda.

“Ini benar-benar pengalaman baru bagi saya menerima gelar sertifikat saya di area publik saat saya sedang berada di rumah,” kata Kazuki Tamura ketika menerima gelar masternya, seperti dilansir dari Reuters, Selasa, (7/4/2020).

Wajah robot adalah sebuah tablet yang menampilkan wajah para wisudawan, yang telah melakukan log-in dan dapat mengendalikan robot melalui laptop dari rumah mereka masing-masing.

Satu per satu, robot-robot itu menuju podium untuk menerima gelar kelulusan mereka. Para staf universitas juga bertepuk tangan dan mengucapkan “selamat!”¬†ketika Presiden Universitas, Kenichi Ohmae meletakkan gelar kelulusan di atas rak yang dipasang di bagian tengah robot.

Sementara itu, BBT University dalam keterangannya berharap pendekatannya ini dapat diadopsi oleh kampus lain yang ingin menghindari pertemuan massal di tengah pandemi virus corona (Covid-19). (DH/MTD)

Sumber : Reuters, BBT.ac | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here