Panglima TNI : Ada 16 Daerah di Indonesia Jadi Kantong ISIS

2506

Moslemtoday.com : Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan saat ini sel ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) sudah menyebar di Indonesia. Ada 16 lokasi sel ISIS di Indonesia.

“Ada 16 tempat. Contohnya NTB Bima ada, Jawa Tengah ada, Jawa Timur ada, Nah, kalau kita tidak segera tutup pelarian ISIS ke Indonesia, sangat berbahaya,” kata Gatot di gedung DPR, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2017). Menurut Gatot, yang mengkhawatirkan adalah sel-sel tidur ISIS itu bisa berpotensi bangun, terutama jika ada kejadian tertentu.

“Sel-selnya tidur. Dengan adanya bom, artinya mereka ISIS, kan? Sepakat, kan? Tinggal kapan bangunnya, kalau ada kejadian mereka bangun,” papar Gatot.

Ia mencontohkan kasus yang menimpa Filipina. Di mana dalam perkiraan ada sekira 50 hingga 100 orang saja yang disebut berafiliasi dengan ISIS. Namun faktanya adalah mencapai 600 orang. “Berarti di sana (Filipina) yang tidak diketahui (adalah) ada sel-sel ISIS yang tidur,” kata Gatot.

Panglima TNI juga menegaskan berkomitmen mencegah pasukan ISIS yang berada di Filipina masuk ke Indonesia. Gatot telah memerintahkan jajarannya menggalakkan operasi keamanan laut.

“TNI sudah melakukan kegiatan-kegiatan, mulai pulau terdekat, Marore, Miangas, jadi pelarian ke Tarakan kita tutup, pelarian ke arah Bitung lewat Marore, Miangas, Talaud kita tutup. Menuju Maluku Utara juga kita tutup dengan operasi udara, patroli udara dan laut,” urai Gatot.

Atas itu, Gatot berharap agar seluruh pihak dapat berupaya bersama-sama mencegah kondisi itu. Disinggung mengenai kemungkinan penangkapan, Gatot mengakui bahwa hal itu tak bisa dilakukan karena belum diatur di undang-undang. “Nangkapnya pakai UU apa?” kata Gatot. (DH/MTD)

Sumber : VIVA.co.id | Detikcom

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here