Parlemen AS Kecam PBB Terkait Resolusi DK Yang Mengutuk Pemukiman Israel di Palestina

931

Moslemtoday.com : Parlemen AS mengecam resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengutuk pembangunan dan perluasan permukiman Israel di Tepi Barat, Palestina. Kecaman yang dikeluarkan terhadap PBB mendapat dukungan mayoritas anggota parlemen AS.

Anggota parlemen dari Partai Republik dan Partai Demokrat mendukung resolusi tersebut dengan dukungan 342-80 suara.  Anggota parlemen AS yang marah, dan Presiden terpilih Donald Trump, menyerang pemerintahan Obama yang tidak memveto keputusan itu dalam sidang DK PBB 23 Desember lalu.

“Saya terkejut dengan apa yang terjadi bulan lalu,” kata Ketua Parlemen AS Paul Ryan sesaat sebelum pemungutan suara di Parlemen. Demikian sebagaimana dikutip dari Al-Araby, Jumat, (6/1/2017).

“Pemerintah, pemerintah kita, meninggalkan sekutu kita Israel ketika ia paling membutuhkan kita. Ini adalah waktu untuk memperbaiki kerusakan yang dilakukan oleh pekerjaan sesat ini di PBB. Sudah waktunya untuk membangun kembali kemitraan kami,” tutur Ryan.

Resolusi DK PBB yang mengecam permukiman Israel di daerah pendudukan mendapat dukungan 14-0. Dukungan itu termasuk dari negara-negara termasuk Inggris, Prancis, China dan Rusia. Sementara AS memilih untuk abstein dan tidak memveto resolusi itu.

Pemerintah Obama membela terobosan dari kebijakannya yang selama ini kerap melindungi sekutunya di Timur Tengah itu. Pemerintah Obama menyatakan permukiman melemahkan setiap potensi untuk kesepakatan damai antara Israel dan Palestina.

Sumber : Al-Araby | Weblink : https://www.alaraby.co.uk/english/news/2017/1/6/us-house-slams-un-for-israeli-settlement-resolution

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here