Partai AKP: Turki-Israel Sepakat Perbaiki Hubungan Bilateral

77

Moslemtoday.com : Juru bicara Partai AKP, Omer Celik mengatakan Turki dan Israel telah sepakat untuk memperbaiki hubungan bilateral setelah panggilan telepon antara Presiden Erdogan dengan Presiden baru Israel, Isaac Herzog pada Senin, (12 Juli 2021). Partai AKP sendiri merupakan partai Presiden Turki Recep Tayip Erdogan.

Presiden Tayyip Erdogan menelepon presiden baru Israel, Isaac Herzog untuk memberikan ucapan selamat kepadanya karena baru saja menjabat. Kepresidenan Israel sebagian besar merupakan jabatan seremonial, sementara pemerintahan dijalankan oleh seorang Perdana Menteri, yang saat ini dipegang oleh PM Naftali Bennett yang berhasil mengalahkan Benjamin Netanyahu pada pemilu bulan Juni lalu.

“Sebuah kerangka baru muncul setelah panggilan ini di mana kemajuan harus dibuat pada beberapa masalah di mana perbaikan dapat dilakukan, dan di mana langkah-langkah menuju penyelesaian area bermasalah harus diambil,” ungkap Omer Celik, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Kamis, (15/7/2021).

Omer Celik mencontohkan isu Palestina sebagai salah satu dari banyak masalah yang ingin didiskusikan antara Turki dengan Israel, menambahkan bahwa bidang-bidang seperti pariwisata dan perdagangan harus menjadi “win-win solution” bagi kedua negara. Sebagaimana diketahui, Perdagangan bilateral antara ke dua negara tetap berjalan meski di tengah perselisihan politik.

Pada kesempatan tersebut, Erdogan juga menegaskan kembali dukungannya untuk solusi dua negara atas konflik Israel-Palestina sambil menambahkan bahwa “langkah-langkah positif” juga akan membantu hubungan Turki dengan Israel. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Monitor | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here