Partai Ummat dan PAN Sama-sama Didirikan Amien Rais: Siapakah yang Akan Menarik Simpati Rakyat?

119

Moslemtoday.com : Partai Ummat ingin mendapatkan suara pemilih lebih besar dibandingkan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam gelaran Pemilu 2024. Sebagaimana diketahui, Partai Ummat dan PAN sama-sama didirikan Amien Rais.

Partai PAN didirikan Amien Rais pasca reformasi pada tahun 1998 silam. Pada 2021, Amien Rais menyatakan hengkang dari Partai PAN karena merasa tidak diterima oleh Partai yang didirikannya sendiri karena sikapnya yang selalu bertentangan dengan kebijakan partai. Amien kemudian membentuk partai baru dengan nama Partai Ummat.

Partai Ummat kemudian menunjuk Ridho Rahmadi, yang merupakan suami dari Tasniem Rais, putri Amien Rais. Ridho diketahui merupakan seorang pakar IT (Informatika). Ridho meraih gelar doktor pada 2019 di Radboud University di Nijmegen, Belanda. Setelah menyelesaikan pendidikan di Belanda, Ridho kemudian menjadi peneliti tamu di Carnegie Mellon University, Amerika Serikat.

“Kita berjuang untuk lebih besar dari itu. Insya Allah tidak terlalu melihat hal-hal yang kecil, Insya Allah,” kata Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi ketika ditanya apakah partainya bisa menggerus suara PAN, usai acara tasyakuran kelulusan Partai Ummat di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Ahad (1/1/2023), seperti dikutip dari Republika.co.id.

Ridho mengatakan, partainya akan berupaya mendapatkan suara dari kantong-kantong besar pemilih di Pulau Jawa. Setelah Jawa, partainya akan memprioritaskan Pulau Sumatra sebagai lumbung suara.

Sementara itu, Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Amien Rais mengatakan, partainya tidak pernah merasa lebih bagus dibanding partai Islam lain. Hanya saja, setiap partai Islam tentu punya orientasi perjuangan masing-masing menuju kebaikan.

“Jadi kita adu kebaikan, nanti rakyat yang memberikan keputusan,” kata Amien dalam kesempatan sama. Dia menegaskan partainya tidak akan mencari musuh dalam gelaran Pemilu 2024. Partai bentukannya itu justru ingin mencari kawan seide.

“Saya mengatakan di sini bahwa Insya Allah Partai Ummat tidak akan mencari musuh atau lawan. No, never,” kata Amien saat konferensi pers di kantor KPU RI usai partainya ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024, Jumat (30/12/2022).

Siapakah yang akan menarik simpati rakyat, Partai Ummat ataukah Partai PAN di laga Pemilu 2024 nanti?

Sumber : Republika.co.id | Editor : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here