Pasukan Koalisi Yaman Berhasil Merebut Distrik Hays di Hodeidah dari Milisi Houthi

695

Moslemtoday.com : Pasukan Koalisi Yaman berhasil merebut distrik ketiga di Provinsi Hodeidah di sebelah barat Yaman di tengah kemajuan penting dan strategis dalam pertempuran selama tiga hari berturut-turut untuk membebaskan Yaman dari milisi Houthi.

Perkembangan pesat ini sangat didukung oleh pejuang koalisi pimpinan-Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi, di tengah kemunduran cepat milisi Houthi setelah pecahnya kongsi Houthi dengan pasukan pro-Saleh.

Kantor berita resmi Yaman mengkonfirmasi bahwa tentara Yaman dapat memperoleh kembali kendali atas segitiga Hays, al-Khokha dan mulai memasuki direktorat al-Tahita, distrik ketiga Hodeidah.

Kantor berita Yaman melaporkan bahwa pasukan koalisi telah merebut distrik Hays yang jaraknya hanya 10 kilometer dari al-Khoukha. Mereka mendapatkan kembali kendali atas lahan pertanian dan jalan di utara Hays.

Milisi Houthi dengan cepat hancur di pantai barat di tengah pertempuran dengan tentara Yaman dan koalisi pimpinan-Arab untuk membebaskan Hodeidah. Ada banyak kerusakan di garis depan Houthi. Puluhan mati atau terluka sementara yang lainnya telah melarikan diri.

Houthi telah menguasai Hodeidah selama tiga tahun terakhir setelah kudeta mereka, dan telah menggunakan garis pantai yang panjang untuk menyelundupkan senjata yang masuk dari Iran.

Pelabuhannya juga merupakan sumber penting dukungan ekonomi bagi milisi untuk melanjutkan perang melawan orang-orang Yaman. Mereka juga menggunakannya untuk mencuri upaya bantuan dan untuk mengancam navigasi internasional. (DH/MTD)

Sumber : Al-Arabiya
Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here