PBB: Korban Tewas Perang Yaman Capai 10.000 Orang

747
U.N. Humanitarian Coordinator Jamie McGoldrick addresses a news conference in Sanaa, Yemen August 30, 2016. REUTERS/Khaled Abdullah

Moslemtoday.com : Lebih dari satu tahun sudah konflik di Yaman pecah. Sejak Maret 2015 hingga saat ini, sedikitnya 10 ribu orang tewas dalam perang Yaman. Angka tersebut jauh melebihi perkiraan semula mengenai jumlah korban tewas, yakni 6.000 orang. Demikian sebagaimana dilansir dari Reuters, Kamis, (1/9/2016).

Fakta itu diungkapkan Koordinator Bantuan Kemanusiaan PBB Jamie McGoldrick dalam sebuah konferensi pers di Sanaa. Angka tersebut diperolehnya berdasarkan informasi resmi dari fasilitas medis yang berada di Yaman. Angka tersebut bisa saja bertambah karena sejumlah area tidak memiliki fasilitas kesehatan dan terkadang korban tewas langsung dikuburkan tanpa dicatat oleh otoritas setempat.

Konflik Yaman yang telah berlangsung selama 18 bulan juga menyebabkan tiga juta orang mengungsi dari rumahnya. Konflik juga memaksa 200 ribu orang mencari suaka politik di luar negeri. PBB mendapat informasi bahwa 900 ribu dari tiga juta orang itu ingin kembali ke rumah mereka.

“Ini adalah tantangan yang sulit, terutama di sejumlah area yang masih terdampak konflik Yaman,” ujar McGoldrick.

Sebanyak 14 juta dari 26 juta penduduk Yaman kini memerlukan bantuan makanan. Bahkan, tujuh juta di antaranya menderita krisis bahan pangan.

Perang Yaman terjadi antara pasukan pemberontak yang loyal terhadap mantan Presiden Ali Abdullah Saleh melawan pasukan pemerintah Abd Rabbo Mansour Hadi. Konflik diperburuk dengan terjunnya milisi Syi’ah Houthi yang didukung Iran untuk melawan pasukan pemerintah yang didukung oleh koalisi pimpinan Arab Saudi.

Sumber : REUTERS

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here