PBB: Krisis di Gaza capai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya

59
sumber: english.palinfo.com

Moslemtoday.com : Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada hari Kamis memperingatkan bahwa Jalur Gaza menghadapi krisis kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ini disuarakan selama konferensi pers yang diadakan oleh juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Stéphane Dujarric di markas PBB di New York.

Dujarric mengatakan, “Menurut laporan kemanusiaan terbaru kami, Jalur Gaza terus menghadapi krisis kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya ketika sistem kesehatannya berjuang untuk mengatasi jumlah cedera yang tinggi setelah demonstrasi berbulan-bulan di sepanjang pagar. Pada 2018, 180 warga Palestina tewas dan lebih dari 23.300 orang terluka,” seperti dilansir dari Palinfo, Jum’at, (2/1/2019).

“Seiring dengan kekurangan pasokan medis, sistem kesehatan menghadapi masalah energi yang parah, dengan gangguan pada ketentuan layanan kesehatan di beberapa rumah sakit dan klinik. Pada akhir Desember 2018, 42% dari obat esensial berada pada tingkat persediaan nol, artinya naik ke persediaan senilai satu bulan, “tambahnya.

Menurut Dujarric, koordinator kemanusiaan di wilayah Palestina yang diduduki, Jamie McGoldrick, telah menyambut kontribusi Qatar sekitar $ 20 juta untuk program uang tunai untuk bekerja di Gaza.

McGoldrick menyerukan dukungan berkelanjutan untuk rakyat Gaza di mana $ 148 juta lebih lanjut akan diperlukan untuk kegiatan uang tunai untuk pekerjaan pada tahun 2019.

Jalur Gaza telah menjadi sasaran blokade darat, laut, dan udara yang dikenakan oleh pendudukan Israel sejak tahun 2006. Otoritas Palestina pada bulan April 2017 melakukan serangkaian langkah-langkah hukuman kolektif di Jalur Gaza yang memperburuk krisis di daerah kantong yang dikepung.

Sumber : Palinfo | Redaktur : Aris Abadi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here