PBB Mengatakan kepada Qatar bahwa Pihaknya Menolak untuk Ikut Campur dalam Krisis Teluk

1883

Moslemtoday.com : Dewan Keamanan PBB telah mengatakan kepada Qatar bahwa pihaknya tidak ingin terlibat dalam konflik yang terjadi antara Qatar dan negara-negara Teluk. Pernyataan tersebut disampaikan pada Senin, (3/7/2017). oleh Liu Jieyi, Duta Besar China untuk PBB yang menjabat sebagai Presiden DK PBB saat ini.

Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Muhammad bin Abdulrahman Al-Thani telah bertemu dengan anggota Dewan Keamanan pada hari Jumat lalu, (30/6) dan meminta anggota Dewan Keamanan PBB agar mendesak Arab Saudi dan Negara Teluk untuk mencabut blokade atas Qatar. (Baca juga :  Qatar Minta Dewan Keamanan PBB Desak Arab Saudi dan Koalisi Teluk Cabut Blokade)

“Cara terbaik adalah negara-negara yang bersangkutan mencari solusi melalui dialog dan melalui konsultasi di antara mereka sendiri, karena kita tidak melihat alternatif lain untuk itu,” kata Liu Jieyi.

“Apapun yang bisa dilakukan negara-negara tersebut untuk memperbaiki hubungan dan kembali ke hubungan tetangga yang baik, itu pasti akan kita sambut,” terangnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (4/7/2017).

Arab Saudi dan sekutu-sekutunya mengumumkan pada tanggal 5 Juni mereka memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dan kemudian mengajukan daftar 13 tuntutan. Namun Qatar menolak untuk memenuhi tuntutan dan menyebutnya telah melanggar kedaulatan Qatar. Sementara Saudi dan Koalisi Teluk menegaskan tidak akan mencabut blokade sampai Qatar memenuhi tuntutan tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here