PDIP ‘Sumringah’ Dengar Elektabilitas Anies Baswedan Menurun di Survey Terbaru Indikator Politik

116

Moslemtoday.com : Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait elektabilitas bakal calon presiden yang disebut berpotensi berkontestasi di Pilpres 2024. Salah satunya adalah elektabilitas bakal calon presiden dari Partai Nasdem, Anies Baswedan yang mengalami penurunan.

Pada November 2022, elektabilitas mantan gubernur DKI Jakarta itu berada di angka 32,2 persen. Namun pada Desember menjadi 28,3 persen, turun sekira 3,9 persen.

Berbeda dengan Anies, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo justru mengalami peningkatan dari 33,9 persen menjadi 35,8 persen. Hal senada juga terjadi kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dari 23,9 persen menjadi 26,7 persen.

Menanggapi hal itu, Sekjen PDIP menilai wajar jika elektabilitas Anies Baswedan yang mengalami penurunan. Hal itu imbas dari kinerja Presiden Jokowi yang mengalami peningkatan dan berefek positif terhadap elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, hingga Puan Maharani.

“Pak Anies Baswedan mengalami penurunan itu juga membuktikan bahwa masyarakat menilai bahwa Pak Anies Baswedan merupakan antitesis dari Presiden Jokowi. Sehingga ketika Pak Jokowi naik, kemudian Anies mengalami penurunan, itu merupakan kognisi masyarakat,” ujar Hasto dalam diskusi yang digelar Indikator Politik Indonesia, Rabu (4/1/2023).

Selain itu, Hasto juga membicarakan terkait calon wakil presiden (cawapres) yang disebutnya dapat menjadi kunci terbentuknya koalisi. Hal tersebutlah yang menjadi penilaian PDIP dalam membangun kerja sama politik dengan partai politik lain.

Sumber : Republika.co.id, Weblink : https://www.republika.co.id/berita/rnyg3u436/pdip-elektabilitas-turun-bukti-anies-antitesis-jokowi | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here