Pecat Perdana Menteri, Raja Yordania Abdullah II : Saya Tidak Bisa Terima Jika Rakyat Yordania Menderita

4527

Moslemtoday.com : Raja Yordania Abdullah II telah memberhentikan Perdana Menteri Hani al-Mulki di tengah aksi protes massa menentang kenaikan harga dan kebijakan pajak. Senin kemarin, Raja Abdullah II telah meminta kepada Hani al-Mulki untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri.

Raja Yordania Abdullah II mengatakan bahwa dia berdiri bersama dengan orang-orang Yordania dan memahami besarnya tekanan hidup dan perekonomian negara yang semakin sulit.

“Lembaga negara harus mengambil kebijakan berdasarkan transparasi dan akuntabilitas. Tantangan yang ada perlu ditangani dengan bijaksana dan bertanggung jawab,” ungkap Raja Abdullah II, seperti dikutip dari Al Arabiya, Selasa, (5/6/2018).

“Rakyat memiliki hak sepenuhnya, dan saya tidak akan menerima jika rakyat Yordania menderita,” tambah Raja Abdullah II.

Protes telah terjadi di seluruh ibukota Amman dan kota-kota lainnya selama empat hari terakhir. Para pemrotes menyerukan agar pemerintah membatalkan serangkaian kenaikan harga dasar seperti bahan bakar dan listrik dalam beberapa bulan terakhir dan membatalkan kenaikan pajak. Mereka menuntut Mulki mengundurkan diri setelah pemerintahannya mengusulkan kenaikan pajak sedikitnya 5 persen.

“Saya harus melakukan pekerjaan pemerintah, dan ini bukanlah tugas saya,” ungkap Raja Abdullah II dengan menambahkan bahwa tugas Raja adalah sebagai penjamin konstitusi dan penjamin keseimbangan antara rakyat dan pemerintahan.

“Setiap otoritas dan pejabat harus bertanggung jawab. Pemerintah yang tidak dapat melaksanakan tugasnya harus meletakkan jabatannya dan memberikan kepada mereka yang memiliki kemampuan untuk melakukannya,” tambah Raja Abdullah II.

Yordania merupakan kerajaan dengan sistem pemerintahan monarki semi-konstitusional. Raja mengangkat dan memberhentikan langsung seorang Perdana Menteri untuk memimpin pemerintahan. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here