Pejabat UEA: negara-negara Arab harus lebih terbuka terhadap Israel

649

Moslemtoday.com : Seorang pejabat senior UEA mengatakan negara-negara Arab membuat “keputusan yang sangat salah” di masa lalu ketika mereka memutuskan untuk tidak memiliki hubungan formal atau kontak dengan Israel.

Anwar Gargash, Menteri Negara Urusan Luar Negeri Uni Emirat Arab, mengatakan kepada harian Emirati The National bahwa hubungan antara negara-negara Arab dan Israel perlu diubah untuk menandakan kemajuan menuju perdamaian dengan Palestina.

“Bertahun-tahun yang lalu, ketika ada keputusan Arab untuk tidak melakukan kontak dengan Israel, itu adalah keputusan yang sangat, sangat keliru,” kata Gargash, dalam sambutan yang luar biasa jujur.

“Karena jelas, kamu harus benar-benar membedah dan membagi antara memiliki masalah politik dan menjaga jalur komunikasi kamu tetap terbuka.”

Komentarnya muncul setelah UEA dan negara-negara Teluk lainnya mengkritik pengakuan Presiden AS Donald Trump minggu ini atas kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan , sebuah dataran tinggi strategis yang diduduki dari Suriah dalam perang 1967.

Israel memiliki hubungan diplomatik resmi dengan hanya dua negara Arab, Mesir dan Yordania .

Israel melihat negara-negara Arab sebagai sekutu alami melawan kekuatan besar regional Iran. Tetapi banyak orang di dunia Arab menolak untuk mengikuti jejak Yordania dan Mesir selama pendudukan Israel atas wilayah Palestina berlanjut.

Gargash mengatakan dia mengharapkan peningkatan kontak antara negara-negara Arab dan Israel melalui kesepakatan bilateral kecil dan kunjungan oleh politisi dan delegasi atletik.

Sumber : Aljazeera | Redaktur : Aris Abadi
Copyright © 1440 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here