Pemerintah: 591 WNI yang Baru Tiba dari Luar Negeri Positif Corona

459

Moslemtoday.com : Pemerintah mengatakan sebanyak 132.798 warga negara Indonesia dari luar negeri telah kembali ke Tanah Air. Mereka adalah WNI yang pulang dengan penerbangan repatriasi di tengah pandemi COVID-19. Ratusan ribu WNI ini tiba melalui sejumlah pintu kedatangan, antara lain Kepulauan Riau, DKI Jakarta, hingga Bali.

“Perkembangan WNI yang kembali dari luar negeri mencapai 132.798 orang, di mana terdapat beberapa pintu masuk supaya terkonsentrasi. Pertama di Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Jakarta, dan Bali,” kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo, Senin (18/5/2020), seperti dikutip dari Kumparan.

Letjen Doni Monardo menambahkan WNI yang positif COVID-19 itu salah satunya yang tiba di Jakarta. Setidaknya ada 279 WNI yang terpapar virus Corona berdasarkan hasil tes swab.

“Yang menunggu swab adalah 2.850 kemudian, yang sudah kembali adalah 1.493. Jadi ditotal dari jumlah itu jumlahnya 4.000 sekian (tiba di Jakarta). Dari jumlah total tersebut yang telah diketahui hasil swab-nya adalah 279 orang positif COVID,” ujar Doni.

Selain di Jakarta, ada ratusan WNI yang tiba di Bali yang dinyatakan positif COVID-19. Doni mengatakan setidaknya ada 312 orang yang sudah dikonfirmasi terpapar. Doni menjelaskan, para WNI yang tiba di Indonesia itu merupakan pekerja migran Indonesia (PMI), anak buah kapal (ABK), dan pelajar di luar negeri.

“Yang tiba di Bali telah mencapai 15.300 orang dari hasil pemeriksaan ABK, PMI melalui pintu Bali terdapat 312 orang yang positif COVID dan saat ini dilaksanakan perawatan di 13 rumah sakit rujukan di wilayah Denpasar, sehingga jumlah WNI yang kembali dari luar negeri yang terkonfirmasi COVID-19 tersebut sebanyak 591 orang,” ungkap Doni.

Sumber : Kumparan, Detikcom

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here