Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1439 H Jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018

181

Moslemtoday.com : Pemerintah RI melalui Kementerian Agama menggelar Sidang Isbat penentuan awal syawal 1439H hari ini, Kamis (14/06)  digelar di Kantor Kementerian Agama Jalan M.H. Thamrin No. 6 Jakarta. Berdasarkan hasil sidang isbat, Pemerintah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018 M.

Sidang Isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kemterian Agama dan pelaporan sejumlah pengamatan hilal yang dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia.

“Seluruh peserta sidang isbat bersepakat setelah Hilal dapat terlihat di sebagian besar titik pengamatan di Indonesia, dengan demikian sidang isbat telah menetapkan 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018,” ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Menag menyatakan setidaknya 12 titik pengamatan hilal sudah dapat dilihat oleh petugas yang ditunjuk oleh Kemenag.

Hadir dalam kesempatan ini, Menag Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang juga Rois Syuriah PBNU KH Ma’ruf Amin, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, Ketua Komisi VIII Ali Taher,  para pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, perwakilan dari Ormas Islam seluruh Indonesia, serta para perwakilan Duta Besar Negara sahabat.

Sumber : Kemenag.go.id

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here