Pemimpin Hong Kong Minta Maaf Karena Masjid Terkena Serangan Water Canon Polisi

591

Moslemtoday.com : Pemimpin Hong Kong Carrie Lam meminta maaf kepada komunitas Muslim di kota itu setelah polisi menembakkan water canon ke Masjid Kowloon saat menghadapi para demonstran yang berada di sekitar lokasi Masjid tersebut.

Carrie Lam kemudian mengunjungi Masjid Kowloon, kepalanya ditutupi oleh selendang, untuk mengekspresikan kesedihannya kepada para pemimpin Muslim di Hong Kong atas insiden tersebut, seperti dilansir dari Reuters, Senin, (21/10/2019)

Lam berterima kasih kepada para pemimpin Muslim karena berulang kali menyerukan ketenangan selama kekacauan politik yang telah mencengkeram kota dalam lima bulan terakhir.

Selama aksi demonstrasi berlangsung di Kowloon sejak hari Minggu kemarin, polisi menggunakan gas air mata dan truk water canon untuk membubarkan para pengunjuk rasa dan menyemprotkan cat bewarna biru ke kerumunan.

Para pengunjuk rasa mengatakan mereka tidak menargetkan masjid dalam aksi tersebut.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah, Carrie Lam mengatakan komunitas Muslim Hong Kong menyebut kota itu sebagai rumah dan selalu hidup berdampingan secara damai dengan komunitas lain.

Kepala Imam Muhammad Arshad mengatakan permintaan maaf Lam “diterima” dan bahwa komunitas Islam berharap untuk terus hidup di Hong Kong dalam damai.

Polisi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa masjid itu secara tidak sengaja terkena serangan dan bahwa mereka “menghormati kebebasan beragama dan akan berusaha untuk melindungi semua tempat ibadah.”

“Itu hanya kesalahan. Mereka meminta maaf. Mereka melihat beberapa pengunjuk rasa berdiri di luar gerbang. Para pengunjuk rasa juga meminta maaf,” kata Mohammed Assan, tokoh Muslim di kota tersebut.

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here