Pemimpin ISIS Abu Bakr Al-Baghdadi Masih Hidup Tapi Terluka Parah di Suriah

1381

Moslemtoday.com : Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi masih hidup dan dirawat di sebuah fasilitas medis di Timur Laut Suriah dalam kondisi mengalami luka parah setelah terkena serangan udara.

“Abu Bakr al-Baghdadi menderita luka serius pada kakinya dalam serangan udara pasukan koalisi,” ungkap Abu Ali al-Basri, kepala departemen intelijen dan kontraterorisme Irak, seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa, (13/2/18).

“Kami memiliki informasi dan dokumen yang tak terbantahkan dari sumber-sumber di dalam organisasi teroris tersebut bahwa al-Baghdadi masih hidup dan bersembunyi dengan bantuan rekan-rekannya,” jelas al-Basri.

“Al-Baghdadi -salah satu pria paling dicari di dunia dengan hadiah US $ 25 juta dolar- saat ini berada di gurun Jazirah, sebelah barat Deir Az Zor, Suriah,” tambahnya.

“Dia menderita luka-luka, diabetes dan patah tulang pada tubuh dan kaki yang menghambatnya untuk bisa berjalan tanpa bantuan”, ungkap al-Basri.

Meskipun ISIS mengalami serangkaian kekalahan besar selama setahun terakhir, ISIS masih tetap memiliki kekuasaan di provinsi Hasisa di timur laut Suriah, meskipun mereka kini telah kehilangan sebagian besar “kekhalifahan” lintas batasnya, yang diumumkan oleh al-Baghdadi pada tahun 2014 silam.

Dikutip dari Al Arabiya, Juni tahun lalu, Rusia mengatakan bahwa pihaknya mungkin telah membunuh Abu Bakr al-Baghdadi dalam serangan udara di dekat Raqqa, Suriah, namun kemudian mengatakan bahwa pihaknya masih berusaha untuk memverifikasi nasibnya. Namun pada bulan September, seorang kepala militer Amerika mengatakan bahwa Al-Baghdadi masih hidup dan sedang bersembunyi di Lembah Efrat, Suriah timur. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera, Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here