Pemimpin Syiah Irak Keluarkan Fatwa Lawan Pasukan Turki di Irak Utara

1451
Iraqi ayatollah’s fatwa: ‘Fight the invading Turkish forces in Iraq’

Moslemtoday.com : Seorang pemimpin Syiah Irak, Ayatollah Qasim Al-Tai mengeluarkan fatwa pada awal pekan ini yang menyerukan warga Irak untuk melawan pasukan Turki yang saat ini berada di Irak utara. Ia menyerukan untuk melawan secara militer pasukan Turki yang memasuki wilayah Irak Utara.

Ayatollah Qasim Al-Tai menyatakan bahwa perlawanan rakyat Irak sangatlah penting untuk mengusir pasukan Turki dari Irak Utara. “Merupakan tugas moral dan agama dalam melawan secara militer kehadiran Turki di Iraq, khususnya setelah parlemen Turki memutuskan kehadiran pasukan tersebut,” ujar Al-Tai sebagaimana dilansir dari Middle East Monitor, Ahad, (09/10/2016).

Seruan ini diikuti dengan serangakaian komentar pedas dari tokoh politik senior Irak. Perdana Menteri Iraq Haidar Al-Abadi mengatakan bahwa Turki beresiko memicu “perang regional” jika Turki tidak menarik pasukannya dari kota Bashiqa wilayah utara Iraq. Perang regional akan mungkin melibatkan Baghdad serta sekutu wilayah tersebut yaitu Damaskus dan Teheran.

Turki menjawab bahwa keberadaan mereka di wilayah Iraq Utara atas permintaan Gubernur Kurdi (KRG) dan untuk membantu Pemerintahan Regional Kurdi dan pejuang anti-ISIS lainnya dalam pertempuran melawan organisasi teroris tersebut di Irak Utara.

Pada awal pekan ini, KRG mengonfirmasi bahwa kehadiran pasukan Turki di wilayah Iraq memang permintaan Erbil, Ibukota Kurdi, dan hal itu telah disetujui oleh Baghdad sendiri.

Sebelumnya, Turki menekankan negaranya akan memainkan perang penting dalam merebut kembali Mosul dari pasukan ISIS. Turki juga melatih para tentara di empat provinsi di utara Iraq dengan tujuan utama memerangi ISIS.

Sumber : MEMO | Weblink : https://www.middleeastmonitor.com/20161007-iraqi-ayatollahs-fatwa-fight-the-invading-turkish-forces-in-iraq/

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here