Pemimpin Tertinggi Houthi Dilaporkan Sedang Berusaha Melarikan Diri ke Iran

2920
Gambar : Pemimpin Houthi, Abdul Malik Badredin Al-Houthi

Moslemtoday.com : Pemimpin Tertinggi Houthi, Sayyid Abdul Malik Badroeddin Al-Houthi dilaporkan sedang mencari jalan untuk melarikan diri ke Iran untuk menyelamatkan dirinya dari target operasi pasukan koalisi Arab di Provinsi Saada, Yaman.

“Sejumlah sumber mengatakan bahwa Abdul Malik Al-Houthi berusaha melarikan diri ke Iran dengan bantuan para perwira intelijen Iran di saat pasukan Tentara Nasional Yaman bersama Koalisi Arab sedang bergerak maju ke kota asal al-Houthi di Maran,” seperti dilansir dari Middle East Monitor, Jumat, (11/5/18).

Pasukan Koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi melakukan serangan udara terhadap markas Abdul Malik Al-Houthi sehingga memaksanya melarikan diri ke daerah pegunungan di Yaman utara dalam beberapa hari terakhir.

Pasukan Tentara Nasional dan Koalisi Arab telah membuat kemajuan signifikan di Provinsi Saada yang menjadi basis terkuat Houhti, dan target selanjutnya melakukan operasi besar-besaran untuk memukul mundur Houthi dan pemimpin-pemimpinnya.

Awal pekan ini, Pasukan Koalisi Arab telah melakukan serangan udara ke istana presiden yang dikuasai Houthi di Kota Sana’a. Juru bicara koalisi, Turki Al-Maliki mengklaim bahwa serangan tersebut berhasil menargetkan kepemimpinan tingkat pertama dan kedua Houthi.

Sementara itu, pada akhir bulan lalu, Pasukan koalisi Arab meluncurkan serangan udara dengan menargetkan pemimpin Houthi. Dalam serangan tersebut, Presiden Houthi yang memerintah di Kota Sanaa, Saleh al-Sammad dilaporkan tewas dalam tersebut yang merupakan pukulan terberat bagi Houthi dan kelompoknya.

Syi’ah Houthi melakukan kudeta terhadap pemerintahan Yaman pada tahun 2014 dan mengangkat Saleh Al-Sammad sebagai presidennya. Presiden Yaman yang sah, AbduRabbi Mansour Hadi kemudian meminta bantuan kepada Arab Saudi dan dunia internasional. Pada Maret 2015, pasukan koalisi negara-negara Arab dibentuk oleh Arab Saudi dan meluncurkan serangan untuk melawan kelompok pemberontak Houthi tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Monitor | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com 

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here