Penasihat Pemimpin Tertinggi Iran Ancam Hapus Keberadaan Arab Saudi dari Timur Tengah

5214

Moslemtoday.com : Hassan Firouzabadi, Penasihat dari Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei mengancam akan menghapus keberadaan dan eksistensi Arab Saudi di Timur Tengah jika kerajaan yang dipimpin Dinasti Saud itu membahayakan negaranya. Meski begitu, Hassan Firouzabadi mengatakan, pihaknya tidak menginginkan adanya perang.

“Jika Arab Saudi melakukan kesalahan seperti itu, mereka akan dihukum hingga tingkat di mana tidak ada lagi sisa dari rezim Saudi di dunia ini,” jelasnya sebagaimana dilansir dari Middle East Monitor, Kamis (29/9/2016).

Pensiunan Mayor Jenderal itu mengatakan Arab Saudi tidak memiliki personel dan kemampuan yang dibutuhkan untuk berperang dengan Iran. “Mereka akan menghadapi tentara dan Garda Revolusi Iran dengan pesawat Amerika Serikat (AS), tentara bayaran dari Pakistan, dan pilot dari Sudan,” ujar Firouzabadi lagi.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qasimi, sebelumnya memperingatkan Arab Saudi agar berhati-hati dalam mengambil langkah kebijakan di Timur Tengah. Jika tidak ingin berurusan dengan Iran.

Arab Saudi dan Iran merupakan dua negara berpengaruh di kawasan Timur Tengah yang saling berseteru. Konflik antara keduanya berpangkal pada berbagai isu seperti geopolitik, sektarian, perdagangan minyak dan hubungan dengan negara-negara Barat terutama AS.

Baru-baru ini, hubungan keduanya kembali memanas setelah Pemerintah Iran melarang warganya untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah. Pelarangan ini merupakan kelanjutan Tragedi Mina tahun lalu yang merenggut nyawa ratusan jamaah asal Iran. Akibat musibah itu, Pemerintah Negeri Para Mullah menuduh Arab Saudi tidak becus menangani penyelenggaraan ibadah haji.

Sumber : MEMO | Weblink : https://www.middleeastmonitor.com/20160928-iranian-threat-to-erase-saudi-arabia-from-existence/

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here